Sambai On Kayee, Makanan Khas Ramadhan dari Nagan


KETIKA bulan Ramadhan tiba, masyarakat Kabupaten Nagan Raya akan menyediakan makanan khas yang disebut sambai on kayee (sambal daun-daunan -red). Konon, setelah ditambahi kelapa gonseng, batang sereh, bawang merah, dan cabai rawit, yang kesemuanya diiris tipis itu diyakini berkhasiat sebagai obat angin.

Beberapa warga meyakini, makanan sambai on kayee ini akan menjadi saksi saat hari akhirat kelak terhadap siapa yang berpuasa di bulan suci Ramadhan. Karena dedaunan yang dikonsumsi itu nantinya bisa bersaksi terhadap amalan umat Islam yang menjalankan perintah Allah SWT. 

Jamaliah, seorang pedagang sambai on kayee warga Desa Blang Aman, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya yang ditemui Serambi, Kamis (4/8) lalu di kompleks pasar Bina Usaha Kota Jeuram mengaku makanan tersebut disediakan pada bulan Ramadhan. “Soal harga, relatif murah, berkisar Rp 2.000 sampai 5.000 per bungkus,” kata Jamaliah. 

Menurut Jamaliah, bahan dasar untuk membuat makanan khas bulan Ramadhan itu merupakan daun salam dan berbagai dedaunan lainnya yang bisa diperoleh di mana saja. Sehingga ia dan pedagang lainnya tak perlu khawatir kehabisan bahan baku pembuatan sambal khas itu.

Jika Anda penasaran dengan sambai on kayee khas Nagan Raya ini, dipersilahkan datang ke Kota Jeuram saat bulan Ramadhan. Di sana tentu Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan rasa sambal yang membuat anda ketagihan. [Sumber]


Artikel Terkait