Tips. Hindari Untuk Dibawa Saat Berlibur


Seringkali saat berwisata, seseorang terlalu “ribet” dalam membawa banyak barang. Ketika Anda dipaksa memberikan satu pilihan pada barang-barang favorit Anda, maka Anda tergoda untuk membawa semua barang-barang Anda.

Akibatnya, bisa-bisa saat masuk konter bagasi, Anda terkena biaya tambahan bila bawaan kelebihan muatan. Jenis-jenis barang apa saja tidak perlu Anda bawa saat berwisata? Berikut daftarnya.
  1. Tinggalkan peralatan kecantikan rutin Anda. Biarkan Anda bebas dari hal-hal tersebut. Anda tidak akan tampak buruk di foto-foto wisata.  Jika Anda pandai dalam mengeksplorasi tempat-tempat wisata eksotis, maka dijamin Anda akan lupa dengan serentetan produk kecantikan rutin Anda.
  2. Bila Anda menginap di hotel berbintang, Anda akan mendapatkan peralatan mandi gratis. Gunakanlah produk-produk itu. Bawalah produk yang memiliki kegunaan ganda seperti pelembab yang juga berfungsi melindungi kulit Anda dari sinar SPF.  Jangan bawa perhiasan atau barang-barang berharga Anda. Hal ini hanya akan mengundang penjahat untuk mencuri perhiasan Anda. Bila Anda memang harus membawa perhiasan karena ada acara khusus, pastikan Anda tidak mengenakannya di jalan atau tempat umum.
  3. Bawalah satu buku panduan saja. Saat berwisata, orang terbiasa membawa buku panduan sampai beberapa buah karena setiap buku memiliki kelebihan masing-masing.
    Namun bila beberapa buku memang memiliki panduan-panduan yang menarik, maka Anda dapat fotokopi halaman-halaman yang menarik agar bawaan Anda tak terlalu berat. Alternatif lain, Anda dapat membuat blog atau catatan pribadi berupa panduan-panduan wisata hasil rangkuman dari buku-buku tersebut.
  4. Bawalah pakaian-pakaian dengan warna-warna netral agar Anda dapat memandupadankan gaya dari pakaian-pakaian tersebut dengan tepat. Kemudian cari informasi cuaca dari tempat yang akan Anda kunjungi.
  5. Bila ternyata hujan, Anda dapat membeli payung atau jas hujan dan menyimpannya sebagai suvenir. Anda juga dapat menggunakan jasa laundry pada penginapan yang Anda inapi agar Anda tak perlu membawa banyak pakaian.
    Jika harga jasa laundry sebagai pertimbangan Anda, beberapa destinasi wisata untuk backpacker menyediakan jasa cuci kiloan. Paling mudah saat kehabisan baju adalah membelinya di pasar. Selain bisa menjadi kenang-kenangan, hitung-hitung Anda telah membantu ekonomi masyarakat setempat.
Definisi dari penting atau tidak penting haruslah Anda pikirkan baik-baik sehingga Anda tidak akan membawa barang-barang yang sebenarnya tidak penting. Perlu diingat bahwa barang-barang seperti baterai cadangan, charger gadget Anda, adaptor listik mungkin perlu dipertimbangkan untuk Anda bawa.
Jangan membawa barang-barang yang mudah dijumpai. Barang-barang sederhana yang dapat Anda temukan seperti obat sakit kepala, pisau cukur, atau bacaan seharusnya tak perlu Anda bawa dari rumah.
Seru juga bila Anda bawa beberapa bacaan dari rumah dan Anda dapat memberikannya kepada pelancong lain saat Anda akan pulang kembali.
Sumber: Kompas.com