Sabang Gelar Festival Pliek U

Banda Aceh - Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Festival Pliek U, makanan khas Aceh, pada 20-21 Oktober 2012.

"Festival digelar untuk memberikan kesan bahwa kuliner Aceh merupakan salah satu ciri kepariwisataan Kota Sabang dan Indonesia pada umumnya," kata Manajer Publikasi dan Komunikasi Festival Pliek U, Boy Febrian, di Banda Aceh, Selasa.

Dalam festival yang digelar di Pantai Sumur Tiga, Kota Sabang, tersebut, kata dia, ada dua kegiatan yang ditampilkan, yakni lomba masak gulai pliek u dan pameran kuliner khas Aceh.

Lomba masak gulai pliek u, kata dia, rencananya diikuti kelompok peserta dari 23 kabupaten/kota. Begitu juga dengan pameran kuliner khas Aceh akan memamerkan makanan khas dari berbagai daerah di Provinsi Aceh.

"Undangan peserta sudah kami sampaikan kepada para bupati/wali kota di Provinsi Aceh. Hingga kini, kami masih menunggu konfirmasi kelompok peserta lomba masak gulai pliek u dan pameran kuliner khas Aceh," ujar Boy Febrian.

Ia menjelaskan festival ini digelar atas dukungan penuh Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh.

"Festival dengan tema Kuliner Aceh, Cita Rasa Dunia ini digelar untuk menjadikan masakan khas Aceh sebagai industri yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan dukungan positif terhadap sektor pariwisata di Indonesia," ungkap dia.

Selain itu, kata dia, festival ini digelar untuk menggugah insan-insan pariwisata untuk lebih kreatif mengemas potensi masakan khas Aceh sehingga menjadi aset pendukung pariwisata yang dapat diandalkan.

"Tujuan lainnya, Festival Pliek U diharapkan memberikan daya tarik yang kuat kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Sabang dan Provinsi Aceh pada umumnya," kata Boy Febrian. [theglobejournal.com]

Artikel Terkait