Surganya Pecinta Alam Ada di Taman Nasional Gunung Leuser

Jangan mengaku pecinta alam jika belum mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser. Dengan luas yang mencakup dua provinsi, Aceh dan Sumut, tempat ini memiliki kekayaan alam yang melimpah. Ini dia surganya para pecinta alam.

Indonesia memiliki banyak taman nasional yang menawan, salah satu yang paling menarik adalah Taman Nasional Gunung Leuser. Ada alam yang serba hijau, aneka macam satwa, Sungai Alas yang terkenal dengan derasnya, dan masih banyak lagi. Taman nasional yang sungguh kaya!

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki luas hingga 1.094.692 hektar dan terletak di dua provinsi yaitu Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser, gunung tertinggi di tempat ini.

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu taman nasional terluas di Indonesia. Di sini terdapat 130 spesies hewan, seperti gajah, badak, harimau, macan tutul, dan masih banyak lagi, serta terdapat 325 spesies burung. Hal ini akan menjadi pengalaman seru saat Anda berjumpa dengan salah satu satwa tersebut saat menjelajahi hutannya.
Bukit Lawang di Sumatera Utara, merupakan salah satu pintu masuk untuk menjelajahi taman nasional ini. Selain itu, tempat ini juga menjadi konservasi dan rumah bagi orangutan. Anda dapat melihat tingkah laku orangutan yang bergelantungan di pohon-pohonnya. Lucu!

Taman Nasional Gunung Leuser mencakup lebih dari 100 kilometer Pegunungan Bukit Barisan. Terang saja, ada aneka macam hutan yang dapat Anda jelajahi di sini, seperti hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, dan hutan hujan.

Ingin memacu adrenalin? Taklukanlah Sungai Alas. Terletak di 165 km tenggara Takengon, Aceh, sungai ini seolah membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Anda dapat mencoba rafting di sungai ini dan menjelajahi hutan yang lebat dengan aliran sungai yang deras. Jeram

Tak sampai di situ, Taman Nasional Gunung Leuser telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer. Taman ini pun dikelola untuk penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Bagi Anda petualang sejati, Taman Nasional Gunung Leuser adalah tempat yang wajib didatangi. Suguhan alamnya yang kaya, akan menjadi pengalaman sekali seumur hidup yang tidak terlupakan. 


Sumber : travel.detik.com

Artikel Terkait