Sejumlah Acara Seru Siap Meriahkan Festival Kopi Aceh


Banda Aceh — Mungkin ini bisa jadi festival budaya yang paling ditunggu, ya Festival Kopi Aceh. Setelah berhasil menggelar Aceh Coffee Festival tahun 2011 lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh kembali akan menggelar acara serupa.
Acara yang bertajuk “Aceh Coffee and Food Festival 2012″  akan berlangsung di Taman Sari Banda Aceh dari 31 Oktober hingga 4 November ini tidak hanya menawarkan kekayaan cita rasa kopi namun juga beragam kuliner khas tradisional Aceh.
Dengan mengambil tema “Sajian Kutaraja, Citarasa Dunia”, festival kali ini juga diikuti oleh lebih dari 30 pengusaha warung kopi baik tradisional dan coffee roaster, para petani dan produsen kopi dalam dan luar kota, serta para pengusaha kuliner khas Aceh, serta diisi dengan sejumlah acara seru dan kegiatan menarik lainnya.
Selain bisa menikmati aneka rasa kopi khas Aceh dari pesisir hingga daratan tinggi Gayo, para penikmat kopi juga berkesempatan untuk dimanjakan dengan mencicipi cita rasa kopi Kintamani Bali, Java Mocha, kopi Toraja bahkan kopi Brazil.

Seru-seruan di Festival Kopi

Salah satu agenda festival kopi, juga hadir “Barista Workshop” bersama Adi W Taroepratjeka, host program TV Coffee Story dan Coffee Photography bersama founder blog kopi terbesar Indonesia, Tony Wahid menjadi salah satu agenda Aceh Coffee and Food Festival tahun ini.
Menilik keistimewaan cita rasa khas kopi Gayo dan kopi nusantara lainnya bersama Gayo Cupper Team, tim cupping asal Aceh dengan lisensi Internasional serta menikmati fenomenalnya rasa Kuah Sie Kameng khas Aceh bersama host program kuliner populer, Benue Buloe, secara gratis.
Fun Games garapan penggagas Festival Kopi Aceh, lomba minum kopi panas, yang tahun lalu cukup mencuri perhatian, tahun ini akan tampil lebih unik dengan nama baru “Balap Kupi” dan berhadiah jutaan rupiah.
Dimeriahkan oleh penampilan musisi lokal seperti Moritza Taher and Frens, King of Fire, Xantafee, Justify Percussion, Aceh Coffee and Food festival 2012 akan ditutup oleh penampilan band papan atas Indonesia,RAN.
Selain menjadikan acara ini sebagai apresiasi dan dukungan terhadap para pelaku usaha kopi dan kuliner khas Aceh, panitia pelaksana Aceh Coffee and Food Festivalberharap, ajang ini dapat menjadi salah satu daya tarik wisata, dalam rangka turut mensukseskan program tahun kunjungan Visit Aceh 2013. (seputaraceh.com)

Artikel Terkait