Ekowisata Hutan Rawa Kuala Baru Singkil Tawarkan Pesona Alam yang Sejuk



BAGI Anda yang suka dengan objek wisata pantai, Kabupaten Singkil adalah tempat yang patut Anda kunjungi. Di Kecamatan Kuala Baru terdapat pantai dengan hamparan pasir putih yang indah dan air lautnya yang berwarna biru. Ditambah lagi dengan jajaran pohon cemara yang terdapat di pinggir pantai.
Kecamatan ini dikelilingi oleh laut dan muara sungai. Objek wisata alam di kecamatan ini sangat indah dan mempesona.
Selain wisata pantai, Kuala Baru juga memiliki ekowisata hutan rawa yang sangat menarik untuk dinikmati. Untuk menikmati kawasan ini bisa dilakukan dengan mengarungi muara yang terhubung ke Sungai Singkil.
Untuk mengarungi rawa tersebut bisa dengan naik speedboat atau perahu mesin tempel. Jika perjalanan dimulai dari Singkil, kita bisa naik perahu yang sering ditambat di sana dan pemiliknya siap mengantarkan siapa saja yang hendak menyeberangi Sungai Singkil menuju ke Kuala Baru.
Dengan hanya Rp 25 ribu saja, kita sudah bisa menempuh perjalanan melewati muara yang dikelilingi hutan rawa selama 30 menit. Wartawan ATJEHPOSTcom yang pernah melintasi kawasan tersebut bersama tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam Aceh Singkil beberapa tahun silam, merasa sangat nyaman dengan lokasi sungai.
Suasananya sepi, hanya suara mesin perahu yang menderu. Di kawasan itu memang tidak banyak perahu yang hilir mudik. Kondisi alamnya juga masih sejuk dan terlindung dari cahaya matahari. Menjadikan petualangan menjadi semakin nyaman.
Amatan ATJEHPOSTcom kala itu, di sekitar rawa terdapat banyak kera yang sedang asyik mencari makanan. Mereka hinggap dari satu pohon ke pohon lainnya. Suara kicau burung menambah syahdu perjalanan tersebut. Burung-burung itu memiliki warna yang beragam. Menambah keindahan alam di sekitar rawa Kuala Baru.
Salah seorang staff BKSDA Aceh Singkil mengatakan, selain kera dan burung, rawa tersebut menjadi habitat beberapa hewan lain seperti hewan predator jenis buaya. Namun buaya-buaya itu katanya tidak keluar dari tempatnya sehingga tidak mengganggu.
Arus air di muara tersebut juga sangat tenang. Melintasi kawasan rawa di Singkil memang mengasyikkan.| atjehpost.com

Artikel Terkait