Mong Mong Beach, Surga Tersembunyi di Pesisir Barat Aceh



TERNYATA masih banyak pantai-pantai indah yang tersembunyi di sepanjang pesisir barat Aceh. Mengeksplornya adalah suatu tantangan tersendiri. Salah satunya adalah pantai Mong Mong. Pantai dengan nama yang unik ini berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.
Karena letaknya yang tersembunyi, akses menuju pantai ini termasuk sulit. hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk sebatas pagar kebun penduduk. Dari tempat penghentian terakhir sepeda motor, pengunjung harus melewati jalan setapak yang berjarak sekitar 500 meter menuju Mong Mong.
Jalan setapak yang juga bersisian dengan kebun-kebun penduduk akan terasa berat dan licin ketika hujan. Setelah itu pengunjung akan mendaki satu tanjakan bukit dan diakhiri dengan melintasi kanopi alam hutan hujan tropis yang teduh dengan diameter ranting yang cukup lebar. Disini pengunjung sayup-sayup sudah dapat mendengar deburan ombak pantai Mong Mong. Berikut foto-fotonya:










































Semua kelelahan yang ditempuh dengan berjalan kaki akan terbayar lunas begitu kita berada di ujung hutan hujan tropis, yang bersentuhan langsung dengan bibir pantai Mong Mong.
Akhirnya, kita akan dihadapkan pada pesona pantai pasir putih yang luar biasa indah dan alami. Menceburkan diri dis ini tentunya adalah pilihan yang menyenangkan dari akhir perjalanan.
Meski pantai ini dilindungi dua bukit di kiri dan kanannya, namun hanya bukit di sebelah kiri yang menjorok ke laut. Sehingga pengunjung masih dapat menyusuri sisi pantai di bawah bukit di sebelah kanan.
Namun lokasi ini bukanlah tempat yang tepat untuk mandi karena sisi pantai di bawah bukit di sebelah kanan ini dipenuhi oleh bongkahan batu-batu alam dengan ukuran besar dan karang karang di laut.
Keindahan tersembunyi dari pantai ini ternyata juga menjadi pilihan para pemancing. Selain itu, jika beruntung pengunjung dapat melihat sekumpulan monyet-monyet ekor panjang yang bergelantungan di pohon-pohon yang kokoh berdiri di sepanjang pantai ini.[] (Atjehpost.com)

Artikel Terkait