7 Rahasia Turis Menikmati Kuliner Lokal


Salah satu cara wisatawan untuk menikmati traveling adalah lewat makanan. Agar bisa menikmati makanan lokal seperti warga setempat, ada kiat-kiat makan ala penduduk asli yang perlu Anda pelajari.

Tiap daerah tentu memiliki makanan dan tata cara yang berbeda. Bisa tahu bagaimana penduduk lokal membuat dan menyantap kuliner khasnya pun, menjadi dambaan banyak traveler. Tak sedikit pula yang memanfaatkannya sebagai cara untuk menyatu dengan warga lokal.

Berikut adalah 7 tips traveler untuk menikmati makanan seperti warga lokal:

1. Cari tahu dari blog atau buku panduan

Saat ini sudah ada banyak cara untuk mendapatkan informasi tentang destinasi liburan, mulai dari tempat wisata hingga kuliner. Anda bisa mencarinya lewat blog atau situs traveling di internet. Selain itu, buku panduan perjalanan juga bisa menjadi referensi.

2. Bertanya langsung dari pedagang

Mencicipi jajanan khas adalah salah satu kunci untuk bisa mendekatkan diri dengan penduduk lokal. Cara menemukannya pun tidak sulit karena biasanya banyak toko di pinggir jalan yang menjual. Belilah dan tanya-tanya sedikit tentang kuliner itu dari sang pedagang.

Pernah menikmati jajanan lokal bisa menjadi modal turis berbincang lebih akrab dengan warga asli. Eits, jangan lupa selipkan kesan postif setelah menikmatinya, ya!

3. Belanja kepada penduduk asli

Jika ada waktu kosong, tak ada salahnya kalau Anda mencoba untuk memasak makanan sendiri. Pergilah ke pasar, beli bahan yang diperlukan dan nikmati hiruk pikuk warga lokal di sana. Anda bisa bertanya dengan pedagang bumbu apa saja yang diperlukan untuk membuat makanan paling terkenal di sana. Tanya juga cara penyajian dan cara menyantapnya. Pasti seru!

4. Tanya penduduk lokal

Jika traveling menggunakan taksi, manfaatkan waktu Anda untuk berbincang dengan sang supir. Tanyakan destinasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan, makanan khas daerah, hingga cara mencicipinya. Biasanya, supir taksi akan dengan senang menjawab dan menjelaskan sedetil mungkin.

5. Perhitungkan waktu kunjungan

Datang saat hari festival digelar tentu bisa menambah pengalaman Anda mencicipi makanan suatu daerah. Biasanya, pada saat itu ada banyak karya seni yang ditunjukkan penduduk lokal. Tidak hanya itu, akan ada pedagang yang menyediakan makanan untuk dibeli pengunjung festival, terutama turis. Dengan ramah, mereka siap memberi informasi jika ada makanan yang harus dinikmati dengan cara khusus.

6. Perluas daerah wisata

Jangan hanya berkeliling di pusat kota, tapi coba juga datang ke daerah di pinggir kota. Selain lebih menambah banyak pengalaman, semakin banyak daerah yang didatangi maka semakin banyak pula jenis kuliner dan tata cara makan yang bisa Anda temukan.

7. Gabung dengan tur kuliner

Bergabung dengan tur kuliner di suatu destinasi bisa menambah pengalaman Anda lebih cepat. Mereka akan membawa membernya berkeliling mulai dari pasar hingga mencicipi makanan khasnya. | detikTravel

Artikel Terkait