Berkunjung ke situs Kapal di Atas Rumah kini dapat sertifikat


SITUS tsunami Kapal di Atas Rumah yang berada di Desa Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh telah memiliki berbagai fasilitas memadai untuk menarik minat pengunjung. Di lokasi tersebut misalnya ada posko pemandu wisata dan fasilitas pendukung seperti buku saku kesaksian korban selamat tsunami 26 Desember 2004 silam dana bahasa Inggris dan Indonesia. Selain itu pengunjung yang datang ke situs tersebut juga bisa mendapatkan sertifikat khusus.
Sebelumnya tempat wisata yang memberikan fasilitas ini hanya di tugu Nol Kilometer di Sabang saja.
Pemandu wisata di lokasi tersebut, Wahyu, kepada ATJEHPOSTcom mengatakan tujuan sertifikasi ini karena PNPM Gampong yang bekerjasama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menginginkan agar lokasi tersebut menjadi tempat wisata yang nyaman bagi wisatawan.
"Tahun 2011 lalu untuk pemandu wisata memang sudah ada, namun 2012 akhir sudah off. Karena dulunya pemandu wisata hanya sekali-kali digunakan, misalnya jika ada wisatawan asing atau pemerintah aja. Namun sejak januari 2013 kemarin, ESDM menyuruh agar ada pemandu wisata lagi di situs Kapal di Atas Rumah,” katanya, Rabu, 13 Februari 2013.
Dengan adanya pemandu wisata katanya sangat membantu para wisatawan yang datang ke sana. Dengan begitu wisatawan tak hanya melihat situs saja, namun mereka bisa menikmati objek tersebut dengan mengetahui sejarah cikal bakalnya kapal tersebut.
“Dengan adanya pemandu wisata para wisatawan jadi tau dan bisa bertanya mengenai berbagai hal terkait situs tersebut. Mengenai sertifikasi, juga sama halnya agar para wisatawan memiliki kenang-kenangan setelah datang kesini,” katanya. | atjehpost.com

Artikel Terkait