Jangan Malas, Bangun Pagi Banyak Manfaat Sehatnya Lho

Jakarta, Bangun pagi bisa menjadi pekerjaan yang sulit bagi orang yang terbiasa tidur hingga larut malam, apalagi di akhir pekan. Meski libur, jangan hanya malas-malasan di tempat tidur karena bangun pagi banyak manfaat sehatnya lho.

Bangun pagi tidak hanya membuat Anda lebih siap dan tidak terburu-buru menghadapi hari, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bila Anda terbiasa bangun pagi, ada beberapa manfaat yang akan didapat, seperti dilansirbeautynhealthytips4u.com, Minggu (24/2/2013):

1. Tidak melewatkan waktu sarapan

Sebagian orang melewatkan waktu sarapan karena bangun kesiangan dan terlambat di pagi hari. Melewatkan sarapan sama artinya menabung banyak penyakit, seperti diabetes, obesitas dan jantung. Tidak sarapan juga membuat Anda tidak bertenaga dan bersemangat saat menjalani rutinitas.

2. Dapat melakukan olahraga pagi

Dengan bangun pagi, orang juga memiliki waktu lebih untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, latihan pernapasan, bersepeda, berenang, jogging dan olahraga ringan lainnya.

Olahraga pagi dapat membantu untuk mencapai dan menjaga kesehatan yang baik dan menjaga pikiran menyenangkan dengan mengurangi rasa sakit dan stres. Pikiran yang sehat dan menyenangkan dapat membuat Anda berpikir positif yang pada gilirannya membuat hidup bahagia.

3. Tidak tergesa-gesa dan terburu-buru

Bangun lebih pagi berarti membuat Anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan segala sesuatu, termasuk urusan pekerjaan. Bangun kesiangan seringkali membuat orang tergesa-gesa dan terburu-buru, yang pada gilirannya dapat membahayakan kesehatan jantung.

4. Katakan 'tidak' untuk stres

Hormon stres bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis dan juga melemahkan sistem saraf. Jika Anda bangun lebih pagi, Anda akan dapat mengelola waktu sedemikian rupa sehingga dapat meminimalkan stres.

5. Suasana hati selalu baik

Orang yang bangun pagi cenderung lebih kecil mengalami perubahan suasana hati di pagi hari atau yang disebut 'early morning blues'. Bangun pagi akan membuat Anda selalu berada dalam suasana hati yang baik. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan produktivitas kerja. | detikHealth

Artikel Terkait