Ke Banda Aceh, jangan lupa santap bakso kotak


BANDA ACEH – Siapa yang tak kenal bakso, makanan yang lazimnya berbentuk bulat dengan rasa kenyal ini boleh dibilang sajian nusantara yang paling digemari. Terbuat dari campuran terigu dan daging dengan bumbu rempah-rempah, rasa bakso memang sangat menggoda.
Selama ini bakso selalu berbentuk bulat, tapi tidak dengan bakso yang dijual di warung Depok. Bakso di warung Depok memiliki bentuk persegi atau kotak. Nama Depok sendiri diambil dari kota asal pemiliknya, Lia, yang berasal dari Depok, Jawa Barat.
Meski namanya warung Depok, namun warung ini berada di Banda Aceh. Persisnya berada di Jalan Unida, Gampong Punge Blang Cut. Bakso kotak hasil kreasi Lia in menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat jajanan tersebut.
Ide bakso kotak ini merupakan kreatifitasnya untuk menyajikan sesuatu yang berbeda. Maklum pedagang bakso di Banda Aceh sangat ramai. Usaha ini kata Lia berawal dari kegemaran anaknya yang menyantap bakso. Ia lantas membuat bakso tanpa bahan pengawet agar aman dikonsumsi.
“Bakso kotak adalah salah satu solusinya, karena saya tidak pakai pengawet jadi susah untuk dibulat-bulatkan. Lebih gampang dicetak kotak-kotak, saya dapat ide itu, unik dan sehat,” ujarnya.
Warung bakso ini masih sangat baru, usianya baru sekitar sebulan. Namun peminatnya boleh dibilang lumayan, terutama kalangan mahasiswa dan ibu-ibu yang membawa anak-anaknya. Meski tidak memakai pengawet, bakso kotak racikan Lia memiliki rasa yang lezat.
Saat kami mencicipinya, aroma gurih langsung mencuat dari kuahnya yang panas. Ketika bakso kotak tersebut digigit, campuran dagingnya sangat terasa. Agar lebih bervariasi, Lia sengaja mengkombinasikan baksonya. Jika Anda menyantap bakso di sana, maka dalam semangkuknya Anda akan menemukan campuran mie dengan bakso kotak dan bulat.
Harga bakso kotak warung Depok juga murah, hanya Rp 5 ribu perposinya. Bakso kotak ini juga tidak direbus melainkan dikukus. Diakui Lia, ada juga pembeli yang tak terbiasa dengan sajian bakso tanpa pengawet. Sehingga ia menyiapkan penyedap rasa terpisah.
Ke depan Lia juga berencana untuk menambah mie pangsit, agar lebih bervariasi katanya. “Apapun makanan yang akan menambah menu warung nantinya, yang penting masih dalam konsep sehat,” ujarnya.[] (ihn)
DARA HERSAVIRA | Foto : DARA HERSAVIRA | ATJEHPOSTcom

Artikel Terkait