SMA 1 Lampeneurut gelar Festival Seni Tari Pelajar


SANGGAR Cahaya Fajar SMA Negeri 1 Lampeneurut, Kabupaten Aceh Besar, akan melaksanakan Festival Seni Tari Pelajar se-Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Kegiatan ini direncanakan berlangsung di halaman SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar, dari 2 hingga 3 Maret 2013 mendatang.

Ketua Panitia Festival Seni Tari Pelajar Se-Aceh Besar dan Banda Aceh, Fahrul  Mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan  dalam rangka ulang tahun Sanggar Cahaya Fajar yang ke 5.

Adapun tujuan Kegiatan ini, kata dia, untuk menyalurkan bakat dan minat terhadap  tari tradisional Aceh. Kegiatan yang akan menjadi Event Tahunan ini, rencananya akan dibuka oleh  Bupati Aceh Besar, Muklis Basyah.

"Saat ini sudah ada 15 sanggar atau sekolah yang mendaftar,” kata dia.
Menurut dia, ada 7 Jenis tarian tradisional Aceh yang akan diperlombakan, seperti tari seudati, tari likok pulo, saman gayo, rapa’i geleng, ratep meuseukat, ratoeh jaroe, tari beusaree saree dan tarek pukat .

“Kita berharap kedepan akan lebih banyak lagi sekolah yang mau berpartisipasi  pada festival  yang melestarikan nilai dan budaya Aceh ini,” ujar Fahrul. | atjehpost.com

Artikel Terkait