10 Pulau Terfavorit di Asia, Indonesia Peringkat 2 & 4

Gili Trawangan, Lombok (Shafa/ detikTravel)

Sebagai negara bahari, Indonesia punya pulau-pulau eksotis yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Nusa Lembongan dan Gili Trawangan masuk dalam 10 pulau terfavorit di Asia versi situs TripAdvisor.

Situs TripAdvisor lewat Travelers' Choice 2013 merangkum 10 pulau terfavorit di Asia. Pemilihan pulau-pulau terfavorit ini berdasarkan kualitas dan kuantitas hotel, restoran, dan atraksi wisata selama periode 12 bulan.

Hasilnya, dua pulau di Indonesia menempati peringkat ke 2 dan 4. Peringkat 2 ditempati oleh Nusa Lembongan di Bali. 

"Hutan bakau, pembudidayaan rumput laut, dan pantai cantik seperti Jungut Batu dan Dream Beach adalah cara wajib untuk menyelami keindahan alam Nusa Lembongan," begitu ulasan TripAdvisor dalam situsnya yang dilansir detikTravel, Selasa (26/3/2013).

Pulau lain di Indonesia yang masuk dalam penghargaan ini adalah Gili Trawangan di Lombok. Pulau ini menempati posisi ke-4.

"Gili Trawangan adalah pulau yang akan membuat Anda jatuh cinta pada pandangan pertama. Menyelamlah di pagi hari, snorkeling, berjemurlah di bawah sinar matahari, dan stress Anda pun hilang," begitu ulasan TripAdvisor tentang Gili Trawangan.

Peringkat pertama dari 10 pulau terfavorit di Asia adalah Koh Tao di Surat Thani, Thailand. Dari 10 peringkat, 9 di antaranya diraih oleh negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Hanya ada 1 negara dari bagian Asia lainnya yang masuk dalam penghargaan tersebut, yakni Havelock Island yang masuk dalam wilayah India.

Berikut 10 pulau terfavorit di Asia versi TripAdvisor:

1. Koh Tao, Surat Thani, Thailand
2. Nusa Lembongan, Bali, Indonesia
3. Koh Lanta, Krabi, Thailand
4. Gili Trawangan, Lombok, Indonesia
5. Boracay, Visayas, Filipina
6. Phuket, Thailand
7. Koh Samui, Surat Thani, Thailand
8. Palawan, Mimaropa, Filipina
9. Langkawi, Malaysia
10. Havelock Island, Kepulauan Andaman dan Nicobar, India


(detikTravel)

Artikel Terkait