5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Traveling

dok. Thinkstock

Setelah mempersiapkan jadwal perjalanan, obat-obatan dan rincian biaya untuk traveling, jangan lupa menjaga keamanan rumah atau tempat tinggal Anda. Oleh sebab itu, lakukan 5 tips aman meninggalakan rumah saat traveling ini.

Traveling bersama keluarga akan terasa sangat menyenangkan. Anda bisa menghabiskan waktu untuk bermain pasir pantai dengan buah hati atau menghabiskan senja dengan kedua orang tua. Untuk lebih menambah kenyamanan saat di perjalanan, pastikan Anda telah meninggalkan rumah dengan keadaan yang aman. Berikut 5 tips aman meninggalkan rumah saat traveling:

1. Pastikan semua pintu terkunci

Inilah hal utama dan pertama yang harus Anda lakukan, yaitu pastikan semua pintu dan jendela rumah Anda terkunci dengan benar. Tak ada salahnya, Anda melakukan pengecekan ulang sesaat sebelum berangkat.

Selain itu, ada baiknya Anda memakai gembok tambahan. Anda bisa menambahnya di pintu pagar rumah. Setelah memastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan benar, kini saatnya memasukan kunci rumah ke dalam koper Anda. Jangan sampai ketinggalan atau tertinggal di hotel saat perjalanan ya!

2. Minta Bantuan tetangga

Anda tidak hidup sendirian, ada tetangga di sekeliling Anda yang hidup bersama-sama. Oleh sebab itu, Anda juga bisa meminta bantuan kepada para tetangga untuk menjaga rumah saat sedang berpergian.

Anda dapat berpesan kepada tetangga, untuk memberitahu tamu yang datang kalau Anda sedang berpergian. Minta pula bantuan tetangga untuk menyimpan surat atau undangan yang dikirim untuk Anda. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya kepada tetangga setiap malam tentang kondisi rumah. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang selama perjalanan.

3. Matikan barang-barang elektronik yang tidak perlu

Matikan segala barang-barang elektronik Anda sebelum memulai perjalanan. Barang-barang tersebut seperti tv, charger handphone atau laptop, lampu, dan masih banyak lagi. Hal ini akan mencegah dari bahaya hubungan arus pendek listrik.

Akan tetapi, tak ada salahnya untuk menyalakan lampu luar rumah. Ini akan berguna untuk memberikan penerangan terhadap sekitar rumah dan mencegah dari bahaya kemalingan. Tentu, rumah yang gelap akan mudah dimasuki maling.

Selain itu, jangan lupa mematikan kompor gas. Dengan mematikan benda ini, rumah akan aman dari bahaya kebocoran gas dan dapat menyebabkan kebakaran. Benda ini tentu tidak terpakai saat Anda traveling nanti.

4. Simpan barang-barang berharga di tempat yang tepat

Barang-barang berharga seperti surat-surat penting dan perhiasan tidak mungkin Anda bawa selama traveling. Anda harus menyimpan barang-barang berharga tersebut di tempat yang tepat di dalam rumah, seperti di dalam kamar.

Bila perlu, masukan dalam koper yang diberi kunci pengaman yang lengkap dan memasukannya ke dalam lemari yang terkunci. Jangan menaruh barang-barang tersebut di tempat-tempat yang mudah terlihat. Ingat, jaga barang-barang berharga Anda sebaik mungkin!

5. Pastikan tidak ada kerusakan di dalam rumah

Ada baiknya Anda melakukan pengecekan rumah terlebih dahulu beberapa hari sbeleum traveling. Hal-hal yang harus Anda cek adalah atap-atap tembok yang rawan bocor saat hujan dan kondisi pompa air.

Suasana rumah yang nyaman dan tidak ada kerusakan akan membuat Anda beristirahat dengan maksimal saat pulang ke rumah. tentu, anda tidak mau tiba di rumah dengan keadaan rumah tergenang air karena bocor saat hujan bukan? | Afif Farhan /detikTravel

Artikel Terkait