5 Tips Traveling ke Persawahan

Hamparan sawah yang hijau sepanjang perjalanan (Afif/detikTravel)

Ingin kembali ke alam, kadang jadi alasan traveler memilih liburan ke persawahan. Tapi tahukah Anda apa saja yang perlu dilakukan sebelum dan ketika traveling ke sana? Berikut tipsnya.

Di banyak kota besar, seperti Jakarta, keberadaan sawah sudah sangat langka. Bahkan bisa dibilang keberadaannya sudah hilang. Tak heran jika banyak orang memilih untuk mengisi liburan, dengan melihat hijaunya sawah di pedesaan.

Tapi tahukah Anda apa saja yang harus dilakukan jika ingin traveling ke persawahan? Dikumpulkan dari detikTravel, Jumat (28/3/2013) inilah 5 tips yang harus dilakukan sebelum traveling ke persawahan:

1. Pakai sunblock

Hal pertama yang harus dilakukan traveler yang akan jalan-jalan ke persawahan adalah menggunakan sunblock. Di sawah biasanya minim pepohonan besar yang bisa menghalau panas.

Ini berarti Anda akan terkena cahaya matahari langsung. Jika tidak ingin kulit terbakar, ada baiknya gunakan sunblock atau tabir surya. 

2. Gunakan penutup kepala

Selain tabir surya, benda lain yang harus dipersiapkan adalah penutup kepala. Topi atau payung bisa jadi pilihan. Kepala yang langsung terkena terik matahari bisa menjadi pusing seketika. Ini tentu mengganggu liburan bukan?

3. Pakai sendal atau sepatu boot

Alas kaki yang paling tepat untuk digunakan saat akan ke persawahan adalah menggunakan sendal. Daerah persawahan biasanya dipenuhi dengan lumpur. Dengan menggunakan sendal, langkah kaki Anda akan lebih terasa ringan, ketimbang menggunakan sepatu.

Namun, jika tidak ingin kaki tergores akibat, Anda bisa menggunakan sepatu boot. Pilihlah sepatu boot dari bahan plastik. Selain ringan untuk dipakai di tanah berlumpur, Anda juga lebih mudah untuk membersihkannya.

4. Jangan pakai jins

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah hindari menggunakan jins. Celana pendek atau celana bahan lebih baik ketimbang celana berbahan jins. Ini untuk mempermudah pergerakan Anda.

5. Jangan mencabut apapun

Ini dia bagian terpenting dari traveling ke sawah. Jangan sekali-kali mencabut tanaman apapun yang ada di sana, terlebih padi. Hargai hasil kerja petani dengan tidak merusak area pesawahan, seperti menginjak atau mencabut tanaman.

Jalanlah di pematang sawah yang telah disediakan. Jangan pernah menginjak bagian tanah yang digunakan untuk menanam padi.


(detikTravel)

Artikel Terkait