8 Trik Membuat Foto Traveling Terbaik dengan Kamera Ponsel

Foto: Ilustrasi (Thinkstock)

Dengan alasan praktis, banyak traveler yang lebih memilih mengabadikan momen jalan-jalan lewat kamera ponsel. Meski begitu, Anda tetap bisa mendapatkan hasil terbaik, dengan 8 cara ini.

Ada banyak cara yang bisa turis lakukan untuk bisa mengenang perjalanan. Bisa dengan membeli cinderamata khas, atau dengan mengabadikan momen lewat jepretan kamera. Percaya atau tidak, untuk bisa mendapatkan foto terbaik ketika traveling, Anda tak harus menggunakan kamera profesional.

Saat ini sudah banyak ponsel yang juga dilengkapi kamera canggih. Meski begitu, beberapa trik tetap diperlukan untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik. Di rangkum dari detikTravel,  inilah cara jitu untuk mendapatkan hasil foto traveling terbaik, dengan kamera ponsel:

1. Manfaatkan aplikasi 'grid'

Cara mudah untuk menciptakan foto bagus adalah dengan mengaktifkan aplikasi grid di ponsel Anda. Grid adalah aplikasi yang akan memunculkan garis-garis di layar kamera. Dengan menggunakan grid, Anda bisa mengatur komposisi gambar yang akan diambil.

2. Cari angle terbaik untuk dipotret

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah mempertimbangkan angle. Angle adalah sudut pandang yang akan diambil. Cari angle paling menarik menurut Anda untuk diabadikan.

Anda bisa menemukan angle terbaik dari atas gedung atau tempat mana pun. Jangan takut untuk menaikkan atau menurunkan ponsel hingga ke permukaan tanah untuk mendapatkan angle terbaik.

3. Jangan gemetar

"Tidak ada yang bisa merusak foto kecuali blur," kata salah seorang fotografer profesional, seperti yang dikutip Smarter Travel.

Jadi, ketika memegang kamera, pastikan Anda telah memegangnya dengan stabil. Jika satu tangan dianggap belum bisa menstabilkan pegangan, gunakan dua tangan untuk memegang kamera. Ini membantu agar Anda tidak gemetaran ketika memotret, yang bisa menghasilkan foto blur.

4. Edit foto

Ini dia hal yang paling sering dilakukan banyak traveler. Agar foto hasil jepretannya tampak bagus, Anda bisa mengedit dengan berbagai macam efek.

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa menyulap foto biasa menjadi tampak luar biasa. Anda bisa mengatur efek, kontras atau pun tingkat ketajaman warna.

5. Manfaatkan cahaya matahari dengan baik

Jika ingin memotret lanskap, sebaiknya Anda mengambilnya ketika cahaya matahari tidak terlalu terang, seperti sore hari. Jika mengambil gambar pada siang hari, cahaya matahari yang terlampau terik bisa menutup sebagian lanskap. Foto yang didapatkan pun tidak akan bagus karena sebagian pemandangan terlihat begitu silau.

6. Gunakan aplikasi HDR

Jika kamera ponsel Anda memiliki aplikasi HDR (High Dynamic Range), manfaatkan layanan ini. Foto yang diambil menggunakan HDR akan menghasilkan dua gambar, yaitu foto yang jelas dan foto bayangan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa menggabungkan kedua foto ini.

7. Zoom in

Untuk lebih fokus terhadap objek potret, Anda bisa menggunakan tombol zoom in. Ini adalah aplikasi yang bisa memfokuskan gambar dengan subjek yang diinginkan.

8. Gunakan aplikasi panorama

Untuk mengambil gambar yang lebih luas, saat ini telah tersedia aplikasi panorama untuk banyak ponsel, khususnya tipe smartphone. Panorama akan membantu Anda mengambil gambar dengan luas hanya dalam sekali jepretan.


(detikTravel)

Artikel Terkait