Ini Dia Tips Agar Koper Tidak Dibobol

(dok. Thinkstock)

Siapapun pasti marah kalau koper yang sudah dikunci rapat malah dibobol paksa hingga rusak. Agar terhindar dari kejadian ini, agar kejadian serupa tidak Anda alami, ikuti 5 tips berikut seperti di rangkum detikTravel:

1. Kunci koper dengan baik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan Anda telah mengunci koper dengan baik. Ini sebagai langkah antipasi agar koper tidak dengan mudah dibuka pihak tak bertanggung jawab.

2. Pilih kunci yang bagus

Selanjutnya, tindakan yang harus Anda lakukan adalah memilih kunci yang baik, dan tidak mudah dibuka.

"Tas yang dibawa harus diyakinkan juga kuncinya bagus, jangan begitu sampai di dalam pesawat rusak karena tertumpuk," tambah Trisno.

3. Hubungi maskapai bila membawa barang berharga

"Kalau kita memiliki barang yang berharga, bisa dilaporkan ke kru pesawat.

Selain pakaian, masih ada benda lain yang dibawa turis saat traveling, bahkan tak sedikit yang membawa barang berharga seperti perhiasan. Ada pula yang membawa dokumen-dokumen penting. Jika Anda membawa barang berharga seperti ini, jangan segan untuk menghubungi pihak maskapai untuk penjagaan yang lebih ketat.

4. Sebaiknya di-wrapping

Di dalam bandara, biasanya tersedia fasilitas untuk wrapping koper atau membungkus koper dengan plastik yang kencang. Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk menghindari perusakan koper akibat pembukaan paksa.

5. Jika terjadi pembobolan, segera hubungi pihak bandara

Namun terkadang, meski telah memastikan koper terkunci dengan baik, pembobolan koper masih bisa terjadi. Jika tiba-tiba Anda mengalami, sebaiknya segera hubungi pihak bandara.

Laporan pengaduan yang Anda berikan kepada pihak bandara harus meliputi lokasi terjadi di bandara mana, jam berapa, maskapai yang digunakan, dan nomor penerbangan.


(detikTravel)

Artikel Terkait