Ini Nih 9 Tips Traveling Asyik dengan Mertua

(dok. Thinkstock)

Traveling bersama orangtua sendiri mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika yang Anda temani adalah mertua? Salah-salah bertindak malah bisa menimbulkan kesan ilfeel. Gawat!

Ada banyak cara untuk mendekatkan diri dengan orangtua dari pasangan kita ini, salah satunya dengan traveling. Sayangnya, suasana sering terasa kaku atau canggung ketika jalan bersama.

Nah, agar traveling bersama mertua berjalan asyik dan berakhir mulus, tidak ada salahnya Anda mengikuti 9 tips berikut. Inilah 9 tips bepergian dengan mertua yang dikutip dari detikTravel:

1. Cari tahu gaya berlibur favorit mertua

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu gaya liburan yang disukai mertua. Apakah mertua senang menginap di hotel bintang 5 atau mungkin mereka lebih senang traveling ke kawasan pegunungan yang menyuguhkan hawa sejuk.

Dengan mengetahui kesukaan dan informasi tentang mertua lebih awal, Anda bisa lebih mempersiapkan mental. Anda juga bisa melakukan beberapa persiapan yang terkait dengan kegemaran mertua, seperti menyiapkan camilan kesukaannya.

2. Minta pasangan untuk mengenalkan Anda lebih dalam kepada mertua

Pergi tanpa dikenal teman traveling dengan baik tentu tidak menyenangkan, bukan? Terlebih yang akan bepergian bersama adalah mertua. Karenanya, Cobalah minta pasangan untuk memberikan informasi lebih tentang diri Anda kepada mertua.

Sebagai contoh, minta suami/istri untuk menceritakan jika Anda seorang vegetarian kepada orangtuanya. Ini berguna untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, seperti pertengkaran kecil memilih tempat makan.

3. Ramai-ramai menyusun jadwal perjalanan yang seru

Jika ini pengalaman pertama bepergian bersama mertua, tidak ada salahnya menyusun agenda perjalanan bersama anggota keluarga yang lain. Semua bisa bertukar pengalaman liburan, hingga akhirnya menyusun jadwal perjalanan. Dengan demikian semua tahu sama tahu liburan apa yang akan dijalani, demikian juga dengan mertua.

4. Bicara soal uang sejak awal

Betapa tak enaknya jika menantu dan mertua bertengkar karena biaya. Ya, uang atau biaya perjalanan memang salah satu faktor yang sering memicu pertengkaran. Untuk menghindari hal itu, cobalah bicarakan dengan pasangan. Pastikan biaya apa saja yang bisa Anda berdua keluarkan, siapa bayar apa. Jadi, Anda dan mertua tidak perlu berlomba-lomba untuk membayar tiket masuk taman hiburan atau pun makan.

5. Siapkan waktu sendiri bersama pasangan

Meskipun judulnya bepergian dengan mertua, bukan berarti semua waktu harus dihabiskan bersama. Anda pasti butuh waktu berdua dengan pasangan. Oleh karena itu, coba susun jadwal yang kira-kira memungkinkan Anda bisa lalui hanya berdua tanpa mengusir mereka. Misalnya, biarkan mertua Anda menikmati istirahat sore hanya berdua, dan ambil kesempatan ini untuk merasakan sunset romantis dengan belahan jiwa.

6. Biarkan mertua ambil alih kegiatan

Orangtua tentu tidak akan senang jika hampir seluruh kegiatan hingga pengeluaran Anda yang lakukan. Berikan kesempatan kepada mereka untuk ambil alih beberapa kegiatan, seperti memilih restoran yang akan dikunjungi atau membayar tiket masuk tempat wisata. Jika bapak mertua Anda gemar mengemudi, tidak ada salahnya jika untuk menawarkannya mengendari mobil beberapa saat. Ini tentu menyenangkan untuknya.

7. Tetap tenang

Walau pada awalnya liburan berjalan mulus, pertengkaran antara pasangan dan orangtuanya kadang tak terelakkan. Sebagai orang yang belum lama bergabung, cobalah berada di posisi yang netral. Tenangkan kedua pihak dan ajak diskusi bersama-sama. Sekalipun pertengkaran besar terjadi, pastikan Anda tidak ikut larut dan tetap netral.

8. Jangan marah pada pasangan di depan mertua

Orangtua mana yang suka kalau anaknya dimarahi di depan matanya. Jika nekat melakukan ini, bisa jadi mertua kehilangan simpati untuk menantunya. Oleh karena itu, jika ada hal yang mengganjal, tahan sampai Anda hanya berdua dengan pasangan. Jangan biarkan mertua melihat ada pertengkaran sekecil apapun di depan mereka.

9. Sisipkan humor di tengah perjalanan

Untuk meninggalkan kesan menyenangkan sepulang perjalanan, pastikan traveling antara menantu dan mertua berbalut humor segar. Humor bisa mencairkan suasana yang tegang dan kaku selama perjalanan. Keluarkanlah cerita-cerita lucu yang menarik tawa mertua. Ini sangat membantu kedekatan kedua pihak, dan juga bisa meninggalkan kesan menyenangkan sepulang liburan.

(detikTravel)

Artikel Terkait