Inilah Surga Taman Laut di Barat Indonesia

Pulau Rubiah, Sabang, Aceh, Indonesia

Siapa bilang laut jernih dengan terumbu karang cantik hanya ada di timur Indonesia? Traveling ke Aceh, tepatnya Pulau Rubiah, Anda juga bisa melihat hal yang sama. Inilah surga penyelaman di ujung barat Indonesia.
Setelah mengunjungi Titik Nol Kilometer Indonesia dan Pantai Iboih, saya dan teman-teman beranjak menuju Pulau Rubiah. Pulau Rubiah adalah sebuah pulau di ujung Barat Indonesia dan masuk dalam Provinsi Aceh. Pulau ini terletak sekitar 350 meter dari Pantai Iboih.
Pulau Rubiah dulunya merupakan asrama bagi jamaah haji sebelum diberangkatkan ke Makkah. Namun, saat ini sudah menjadi daerah tujuan wisata karena memiliki taman laut yang begitu indah. Taman laut ini dikenal dengan sebutan Taman Laut Rubiah (Sea Garden of Rubiah). Luasnya kira-kira mencapai 2.600 Ha.
Ada banyak kegiatan yang bisa turis lakukan saat traveling ke sini, seperti snorkeling, diving, atau berkeliling dengan perahu kaca. Jika berniat untuk snorkeling ataupun diving, Anda bisa menyewa alat snorkeling dengan tarif Rp 40.000/hari. 
Turis juga bisa berkeliling menggunakan perahu sewa dengan tarif Rp 150.000 untuk beberapa jam saja. Namun, jika sekadar ingin mengelilingi Pulau Rubiah, Anda bisa menyewa (glass bottom boat) dengan tarif Rp 300.000 untuk sekali jalan, perahu ini berkapasitas 10-12 orang.
Ketika menulis catatan perjalanan ini, sebenarnya kami sangat menyesal mengapa tidak mencoba snorkeling atau diving di Taman Laut Rubiah. Namun, karena waktu yang terbatas, dan masih banyaknya banyak tempat wisata yang belum dikunjungi, kami pun memutuskan hanya mengelilingi Pulau Rubiah dengan glass bottom boat. Setidaknya kami bisa melihat sedikit pemandangan Taman Laut Rubiah meskipun dihalangi oleh kaca.
Menurut beberapa sumber, Pulau Rubiah adalah pulau yang tidak berpenghuni. Tapi ternyata begitu kami berlabuh sejenak, tampak sebuah warung makan kecil dan seekor sapi. Pemilik warung makan mungkin hanya berada di Pulau Rubiah dari pagi hingga malam, namun tampaknya sapi tersebut adalah penghuninya.
Meskipun tidak berpenghuni, setiap harinya Pulau Rubiah selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Mulai dari yang sekadar bermain di pantai, mengisi perut setelah seharian lelah snorkeling/diving, atau pun seperti kami yang sekadar singgah demi mengelilingi pulau ini.
Tidak banyak yang bisa kami ceritakan dari Pulau Rubiah. Tapi yang pasti, keindahan pulau ini, terutama taman lautnya, sudah diakui oleh banyak wisatawan asing.
Berikut foto-fotonya : 

Terumbu Karang di Taman Laut Rubiah, Sabang, Aceh, Indonesia

Pulau Rubiah dilihat dari Pantai Iboih, Sabang, Aceh, Indonesia

Karang Batik di Taman Laut Rubiah, Sabang, Aceh, Indonesia

Pantai Pulau Rubiah, Sabang, Aceh, Indonesia

Oleh: Pradikta Dwi Anthony - detikTravel