Jauhi Rokok Jika Tak Ingin Memperburuk Fungsi Ginjal

Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Rokok diketahui banyak membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Diduga merokok juga bisa memperburuk fungsi ginjal. Jadi sebaiknya katakan cinta pada ginjal Anda d engan tidak merokok.

Menurut Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH beberapa waktu lalu, pola hidup masyarakat yang tidak sehat bisa merusak fungsi ginjal. Kebiasaan tidak sehat yang masih dilakukan beberapa orang adalah minum minuman beralkohol, makan makanan berlemak, merokok, serta tidak berolahraga.

Menurut Dr Tunggul D Situmorang, SP.PD-KGH, dampak merokok pada kesehatan ginjal belum bisa dipastikan dan masih diperdebatkan. Namun kemungkinan gangguan fungsi ginjal akibat merokok tetap ada.

"Masalah rokok masih berdasarkan data statistik saja, ini belum bisa dipastikan dan masih diperdebatkan. Kemungkinan ada tetapi masih tergantung, belum bisa dipastikan," terang dr Tunggul dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (13/3/2013).

Namun National Kidney Foundation melalui situsnya memastikan merokok dapat mengganggu obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Nah, tekanan darah yang tidak terkontrol merupakan penyebab utama penyakit ginjal.
Selain itu merokok memperlambat aliran darah ke organ-organ vital seperti ginjal dan dapat memperburuk penyakit ginjal yang sudah ada.

Sementara itu National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse (NKUDIC) menyebut merokok bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit ginjal. Merokok bisa mengurangi monoamine oxidase B (MAO-B), enzim yang mempromosikan kesehatan seluruh tubuh. Dalam studi yang dilakukan oleh Brookhaven National Laboratory di New York, tingkat MAO-B pada ginjal rata-rata antara 33 hingga 46 persen lebih rendah dari perokok.

(detikHealth)

Artikel Terkait