Mau Sehat Hingga 73 Tahun, Konsumsi Ini

Buah impor, Foto: thescienceofeating.com

JAKARTA -- Ketua Dewan Penasihat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Profesor dokter Zubairi Djoerban mengatakan mengonsumsi sayur dan buah tiga kali sehari terbukti bisa membuat hidup sehat hingga usia 73 tahun.
"Selain buah dan sayur, bila ingin hidup sehat hingga usia 73 tahun juga harus berolahraga 30 menit sehari, berhenti mengonsumsi rokok dan alkohol serta memiliki keluarga dan teman untuk mencurahkan isi hati," kata Zubairi Djoerban di Jakarta, Senin.
Lima hal itu, kata Zubairi, sudah terbukti melalui penelitian di Amerika Serikat. Oleh karena itu, dia menyatakan mendukung produk-produk herbal, yaitu sayur dan buah-buahan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan.
"Saya selalu menyarankan pasien-pasien saya dengan lima tips itu. Saya mendukung produk herbal untuk mencegah penyakit. Namun, kalau untuk mengobati penyakit, nanti dulu," tuturnya.
Dia juga tidak keberatan bila pasiennya mengonsumsi jamu tradisional, seperti beras kencur, cabe puyang, madu, daun pepaya, dan daun singkong. Menurut dia, jamu-jamu tradisional warisan nenek moyang sudah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.
"Kalau untuk sayur dan buah, 1.000 persen saya mendukung. Jamu yang sudah terbukti ratusan tahun bermanfaat untuk menjaga kesehatan saya juga setuju," katanya.
Adapun penggunaan produk herbal dalam pengobatan, Zubairi mengatakan masih perlu penelitian dan uji klinis serta kesepakatan di kalangan dokter. Bila produk herbal sudah terbukti melalui penelitian dan uji klinis, menurut dia, masyarakat kedokteran pasti tidak akan keberatan menerima obat herbal.
(republika)

Artikel Terkait