Minum Saat Sarapan Penting untuk Daya Konsentrasi

Sarapan merupakan salah satu aktivitas penting saat pagi. Sebenarnya, makna dari sarapan tak sebatas makan pagi. Minum juga menjadi komponen penting dalam mendapatkan sarapan yang sempurna dan berkualitas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Ir. Hardinsyah, MS. PhD, selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor. Menurutnya, makan dan minum pagi merupakan satu kesatuan dalam sarapan.

"Sarapan adalah kegiatan makan dan minum pagi, bukan cuma mengonsumsi makanan, tapi juga minuman. Keduanya adalah komponen utama. Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan sebelum beraktivitas, sampai rasa lapar dan haus hilang," ungkap Hardinsyah saat ditemui detikFooddi kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Menurut Hardinsyah, sarapan sudah bisa dilakukan sejak bangun tidur hingga maksimal jam 9 pagi. Selain itu, sarapan sebisa mungkin dilakukan sebelum beraktivitas yang membutuhkan konsentrasi dan energi.

"Sambil di perjalanan, saat macet, bisa dimanfaatkan untuk sarapan. Jika sampai tidak sarapan, akan ada efek gelisah dan turun kemampuan konsentrasi," ujar Hardinsyah.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua umum PERGIZI PANGAN Indonesia ini menganjurkan air putih sebagai sumber air yang harus dikonsumsi di pagi hari. "Namun hasil riset menunjukkan jika selain air putih, anak juga sering diberi teh manis dan susu di pagi hari," tutup Hardinsyah. | detikFood

Artikel Terkait