Pencarian Topik Wisata Indonesia di Google Naik 50 Kali Lipat

Google juga bisa melihat kebiasaan atau kesukaan wisatawan Indonesia dalam mencari informasi mengenai traveling (Foto: jaunted)
Internet memiliki peranan penting dalam perkembangan pariwisata. Akses internet kini semakin mudah, membuat informasi wisata lebih gampang tersampaikan.

"Pencarian online di Indonesia untuk kategori wisata berkembang sebesar 50 kali lipat dalam lima tahun terakhir ini," kata Henky Prihatna, Head of Travel Google Indonesia, dalam konferensi Web In Travel Indonesia di Pullman Hotel, Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Yang paling banyak dicari oleh wisatawan Indonesia di situs pencarian Google adalah informasi mengenai maskapai, hotel, baru kemudian destinasi wisata yang diinginkan. 

Tren wisatawan Indonesia mencari informasi tentang wisata juga terlihat dari begitu banyak yang mengakses situs pencarian melalui telepon seluler ataupun smartphone. "Satu dari empat orang Indonesia menggunakan mobile phone untuk mencari informasi wisata," jelas Henky.

Seperti diberitakan Okezone, Google juga bisa melihat kebiasaan atau kesukaan wisatawan Indonesia dalam mencari informasi mengenai traveling. "Sebagian besar pencarian pada destinasi domestik, baru kemudian destinasi luar negeri, seperti Singapura dan Kuala Lumpur," ujarnya.

Untuk domestik, destinasi yang paling banyak dicari, adalah Bali, Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, dan Bogor. Sementara untuk luar negeri, adalah Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Bangkok, Makau, Penang, Dubai, Paris, dan Phuket.


(okezone)

Artikel Terkait