Segenap Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh


Setiap orang suka minum teh, karena teh merupakan teman baik dalam segala suasana, maupun itu formal atau non-formal. Tapi cobalah untuk selingi kebiasaan minum teh Anda dengan Teh Hijau, banyak sekali manfaat kesehatan luar dalam yang dikandung dari jenis teh ini.

Teh Hijau memiliki nama latin Camellia sinensis. Teh Hijau dan Teh Hitam berasal dari tanaman yang sama. Perbedaan antara kedua jenis teh tersebut adalah pengolahannya. Daun Teh Hijau dipetik, dikukus atau dipanaskan dengan cepat untuk mencegah fermentasi, lalu digulung sebelum dipanaskan lagi. Daun Teh Hitam dipetik, dibuat menjadi “layu”, digiling, dan kemudian dibiarkan untuk terfermentasi selama beberapa waktu sebelum dipanaskan lagi. Dikutip dari Tourismnews, berikut manfaat teh hijau bagi tubuh:

Menghambat pembentukan plak gigi
Mengkonsumsi Teh Hijau dapat mencegah munculnya kerusakan pada gigi. Para peneliti mengemukakan bahwa jika berkumur dengan Teh Hijau maka pembentukan karies gigi dapat dicegah.

Memperbaiki mekanisme seluler di otak
Sifat kimia dari Teh Hijau bisa mempengaruhi produksi sel-sel otak, sehingga dapat meningkatkan memori dan pembelajaran spasial. Teh Hijau memiliki zat kimia organik EGCG, yang berguna meningkatkan fungsi kognitif dengan mempengaruhi generasi sel neuron, yakni suatu proses yang dikenal sebagai neurogenesis,

Mengurangi resiko penyakit kanker dan jatung
Antioksidan dari Teh Hijau dapat melawan radikal bebas yang ada pada tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan penggumpalan darah, kanker, jantung, hingga kerusakan DNA. Teh Hijau juga mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Menurunkan berat badan
Sebanyak 80 kalori per hari dapat dibakar oleh Teh Hijau jika diminum secara rutin, dengan demikian, metabolisme tubuh meningkat dan penurunan berat badan pun akan terbantu.

Mengurangi mata bengkak
Kantong teh hijau juga bagus untuk membantu saat mata bengkak. Seduhlah teh, biarkan kantong teh dingin lalu letakkan ke mata selama 10-15 menit.

Menguatkan Tulang
Para peneliti Hong Kong telah menemukan bukti bahwa teh hijau mungkin bermanfaat pada tulang. Percobaan laboratorium mereka menemukan bahwa salah satu komponen utama teh hijau (epigallocatechin, EGC) merangsang enzim kunci yang mendorong pertumbuhan tulang. Epigallocatechinjuga meningkatkan mineralisasi tulang dalam sel, yang menguatkan tulang dan mengurangi aktivitas sel osteoklas yang melemahkan tulang.

Meningkatkan kesehatan rambut
Teh Hijau juga dapat mencegah kerontokan pada rambut, menghilangkan ketombe, serta mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit kepala. Selain itu, kandungan vitamin C dan vitamin E dalam Teh Hijau dapat membantu menguatkan dan melembabkan rambut, sehingga rambut kita dapat menjadi lebih tebal dan tidak mudah kering, rontok, ataupun patah.

Mempercantik kulit
Teh Hijau mengandung antioksidan yang mampu membuat kulit wajah menjadi lebih terlihat segar dan cerah, melembabkan kulit, serta menghindari kulit kering.

(tourismnews)

Artikel Terkait