Semakin Tua, Kualitas Tidur akan Semakin Baik

Selama ini banyak orang berpendapat bahwa semakin tua usianya, dirinya akan semakin nudah merasa gelisah dan seringkali hal ini mengganggu tidurnya. Tetapi menurut sebuah studi yang terbaru, ternyata semakin tua, kualitas tidur justru akan semakin baik.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Center for Sleep and Circadian Neurobiology di Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania, yang mengkaji pola tidur 156.000 orang Amerika yang sehat dan terdiri dari berbagai kelompok umur.

Para peneliti menemukan kecenderungan yang konsisten dalam pola tidur orrang pada kelompok usia tertentu, dimana kelompok usia 80-an tahun memiliki kualitas tidur yang paling baik. Menurut peneliti, hal ini disebut dengan 'octogenarians', dimana orang-orang dalam kelompok usia 80-an tahun tidak lagi memiliki kekhawatiran yang dapat menggangu tidur. 

Di sisi lain, kelompok usia termuda, seringkali mengeluhkan bahwa tidurnya tidak maksimal, karena banyak hal yang mengganggu pikirannya. Studi ini juga telah memtimbangkan faktor-faktor seperti ras, pendapatan, pendidikan, kecenderungan depresi, dan kesehatan secara umum.

Salah satu kesimpulan yang diperoleh dari studi tersebut adalah bahwa jika Anda mengalami masalah tidur di usia tua, hal tersebut bukanlah karena usia melainkan karena masalah kesehatan. Sehingga, Anda harus mewaspadainya. 

"Studi ini juga menemukan bahwa kasus gangguan tidur dan kelelahan juga lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria," kata Michael Grandner, pemimpin penelitian.

Hasil studi ini merupakan jawaban atas gangguan tidur seperti sleep apnea, insomnia, dan narkolepsi yang sering terjadi pada kelompok usia muda. Studi ini disponsori oleh National Institutes of Health dan dipubikasikan dalam jurnal Sleep, seperti dilansir Only My Health, Senin (4/3/2013). | detikHealth

Artikel Terkait