Siswa asal Aceh berhasil raih medali di ajang ISPO 2013

ILUSTRASI

Empat siswa SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh kembali menoreh prestasi di tingkat nasional dalam ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2013. ISPO merupakan sebuah kegiatan olimpiade proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan dan komputer.
ISPO di prakasai oleh Pasiad Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) dan di dukung oleh Universitas Indonesia (UI), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), dan UPI bandung.
Dua diantara siswa asal Aceh itu, Muhammad Hafidh dan Muhammad Gebri Adhya Putra meraih medali perunggu dalam bidang kimia. Kegiatan itu berlangsung 26-28 Februari lalu, di Jakarta.
Hafidh dan Adhya meraih medali perunggu setelah menyisihkan lebih dari 150 finalis lainnya dari seluruh Indonesia. Keduanya tampil dengan karya ilmiah berjudul: Pemurnian Minyak Jelantah Menggunakan Kulit Pisang sebagai adsorben dan antioxidan jahe untuk meningkatkan kualitas minyak jelantah (Purification of used cooking oil by using banana's skin as the adsorbent and ginger's antioxidant to improve the quality of the oil).
Sementara dua siswi SMA Fatih Bilingual School Putri, Salma Dina dan Kenny Akbary Jamal, meraih Honorable Mention di bidang Fisika. Kedua siswi ini tampil dengan karya berjudul: Peluang Pemanfaatan biji buah pinang sebagai bahan semi konduktor organik (The Application of Areca Nut as a materials for organic semiconduktor).
Guru Pembibing siswa SMA Fatih Bilingual School, Rizka Mulyawan,B.Sc. menyebutkan dari Jakarta, dalam kompetisi ISPO 2013 yang diikuti 985 proyek penelitian yang terdiri dari 1.750 peserta dari seluruh Indonesia. SMA Fatih mengutus 4 Siswa Putra dan 4 putri.
“Prestasi yang diraih merupakan sebagai membawa nama harum Aceh di nasional,” katanya di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada acara penutupan ISPO 2013 dalam siaran persnya  Kamis 28 Februari 2013.
Para peserta yang meraih medali ISPO tingkat nasional ini, kata dia, akan menjadi Perwakilan Indonesia untuk ISPO tingkat Internasional yang diadakan di Amerika (I-SWEEP), Belanda (INESPO), Jerman, Brasil, Turki, Geogia, Rumania, dan di beberapa negara lainnya.
Selain itu juga, siswi SMA Fatih Bilingual School Putri berhasil meraih medali perunggu di bidang tari pada lomba olimpiade seni dan budaya bahasa turki, di TMII yang di selenggarakan oleh Pasiad Indonesia. | ATJEHPOSTcom

Artikel Terkait