Terhindar dari Kanker? Perbanyak Senyum

Senyuman hindarkan penyakit (Foto: Foxnews)
SENYUM ternyata bukan hanya memberikan wajah Anda ekspersi menyenangkan. Ada efek lain dari tersenyum yang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi Anda. Berikut ulasannya.

Para peneliti menemukan bahwa tersenyum membawa manfaat tertentu, seperti memperlambat detak jantung dan mengurangi stres. Hal ini mungkin terjadi ketika orang tidak menyadari saat mereka  tersenyu. Menurut sebuah studi baru tersenyum bisa membuat Anda merasa lebih bahagia,demikian yang dilansir Foxnews.

Beberapa penelitian menunjukkan hanya dengan senyuman penuh dan tulus akan memengaruhi tubuh dengan cara yang positif. Dengan tersenyum, Anda dapat membantu meringankan depresi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa orang yang tersenyum setelah terlibat dalam kegiatan yang memicu stres menunjukkan penurunan lebih besar pada denyut jantung daripada orang yang memertahankan ekspresi wajah datar.

"Kami melihat penurunan tajam dalam tingkat denyut jantung dan pemulihan lebih cepat dari stres fisiologis ketika tersenyum. Meskipun para peserta penelitian tidak menyadari mereka membuat ekspresi wajah,” ujar Sarah Pressman, penulis penelitian dan seorang asisten profesor psikologi di University of California, Irvine.

Seiring waktu bahwa pesan yang disampaikan tubuh berevolusi sehingga aktivitas otot yang terlibat dalam senyuman mengirimkan pesan ke otak bahwa Anda merasa aman dan nyaman, yang dapat diterjemahkan dalam detak jantung dan tingkat stres yang lebih rendah. | health.okezone.com

Artikel Terkait