Turis Asia Tenggara Masih Dominasi Kunjungan ke Aceh


Banda Aceh — Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh, Adami Umar mengatakan, sejak Visit Aceh Years 2012 dicanangkan oleh pemerintah, jumlah kunjungan wisatawan relatif lebih baik. Namun dari catatan pihaknya, kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Aceh masih didominasi dari Asia Tenggara, khususnya dari Malaysia.
“Wisatawan Malaysia masih dominasi dalam daftar kunjungan ke Aceh,” katanya kepada Waspada Online, Selasa (5/3).
Ia menerangkan, selain Wisman dari Malaysia, juga terdapat grafik kunjungan yang meningkat dari Wisman seperti Francis dan Inggris.
“Saat ini cuaca di Aceh sedang dalam kondisi baik untuk melakukan kegiatan surfing, sehingga ini menjadi faktor peningkatan kunjungan Wisman dari Inggris, Francis dan beberapa negera Eropa lainnya,” sebutnya.
Selain itu juga, lanjutnya, langkah dan srategi yang kita sedang perjuangkan saat ini adalah meminta kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memasukkan Aceh kedalam destinasi wisata syariah di Indonesia. “Aceh itu kan kental nuansa syariahnya, karena itu kita inginkan agar dimasukkan kedalam salah satu destinasi wisata syariat,” tukasnya. (waspada.co.id)

Artikel Terkait