Cari Info Wisata, Turis Andalkan Situs Tourism Board

Cari Info Wisata, Turis Andalkan Situs Tourism Board (Foto: Dailymail)
DENGAN begitu banyaknya informasi yang tersedia saat ini di dunia maya membuat wisatawan lebih selektif dalam mencari info tempat wisata. Menurut sebuah survei, 50 persen wisatawan menggunakan empat sumber yang berbeda dalam mencari info untuk tempat wisata yang dituju, mulai dari dewan pariwisata setempat, bertanya pada teman dan keluarga serta situs tinjauan.

Ternyata untuk mencari informasi mengenai destinasi wisata untuk liburan, turis lebih senang mencari langsung di sumber yang terpercaya dan resmi, seperti situs-situs tourism board setiap negara atau pun kota. 57 persen wisatawan memilih mengandalkan situs resmi dewan pariwisata dalam hal ini, demikian menurut survei internasional yang dilakukan CNN.

Sementara 55 persen wisatawan mengandalkan situs-situs resmi, 55 persen wisatawan yang disurvei juga mengandalkan rekomendasi dari orang yang mereka kenal. 49 persen responden mencari info wisata dari tinjauan yang mereka lihat di dunia maya.

Survei tersebut juga menemukan bahwa untuk mencari destinasi wisata ideal, dua per tiga wisatawan mengutamakan keselamatan dan keamanan, baru selanjutnya harga yang menjadi pertimbangan.

Reputasi suatu destinasi juga menjadi pertimbangan wisatawan dalam memilih tempat wisata, dengan 60 responden menyatakan pentingnya hal ini. 55 persen wisatawan juga menyebutkan bahwa suatu destinasi penrting untuk memiliki informasi yang mudah diakses, dan 54 persen tertarik pada destinasi dengan banyak atraksi wisata yang bisa dieksplorasi.

Survei ini dilakukan oleh CNN pada konsumennya di 70 negara dari seluruh dunia, untuk meriset dan menemukan bagaimana perilaku wisatawan sebelum memulai wisata.


(okezone)

Artikel Terkait