Festival Teluk Jailolo 2013 Siapkan Panggung di Atas Laut

Festival Teluk Jailolo (sumber: festivaltelukjailolo.com)

Ada yang khas di Festival Teluk Jailolo 2013, ada panggung pertunjukan di atas laut. Panggung tersebut akan menampilkan pagelaran budaya 'Sasadu on The Sea'. Seperti apa ya?

Festival Teluk Jailolo memasuki tahun kelima. Di tahun 2013 kali ini, acara tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 16-18 Mei 2013. Yang unik adalah pagelaran budaya di atas panggung yang terletak di atas laut.

"Kita ada Sasadu on The Sea, jadi panggung di atas laut pertama di Indonesia yang akan menyelenggarakan pertunjukan budaya," kata Bupati Halmahera Barat, Namto H Roba dalam acara jumpa pers Festival Teluk Jailolo 2013, di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Seperti diberitakan detikTravel, panggung tersebut akan berada di lepas pantai. Sasadu adalah nama rumah tradisional di Halmahera Barat. Jadi, pengunjung dapat melihat rumah adat tersebut yang berada di atas laut.

Nantinya, dalam acara tersebut akan berlangsung beragam pentas budaya Halmahera Barat. Pentas tersebut akan diprakasai oleh Eko Supriyanto, Oleg Sanchabakhtiar, dan Dimas Leimana. Serunya lagi, band 'NOAH' akan turut manggung di sana.

"Saya cinta laut, jadi panggung tersebut tidak akan merusak laut. Di bawahnya tidak ada biota laut hanya lumpur saja. Jadi alam tidak rusak," ungkap Namto.

Selain, Sasadu on The Sea ada pesta budaya lainnya. Mulai dari pesta rempah-rempah hingga pesta makan adat, akan memeriahkan Festival Teluk Jailolo 2013.

"Pesta budayanya pun diikuti oleh masyarakat sekitar," ujar Namto.

Festival Teluk Jailolo 2013 menargetkan total kunjungan 10 ribu pengunjung. Festival ini dianggap ampuh untuk mendatangkan turis dalam dan luar negeri.

"Tiap tahunnya, jumlah kunjungan ke Festival Teluk Jailolo bertambah, papar Namto.

Sudah siap ikut Festival Teluk Jailolo?


(detikTravel)

Artikel Terkait