10 Tips Traveling Paling Mantap yang Harus Anda Tahu

Tips Berwisata (Thinkstock)
Demi melancarkan liburan, tips traveling sangat dibutuhkan. Beberapa tips di bawah ini bisa membuat liburan Anda lebih lancar dan seru. Yuk intip ada apa saja!

Para jurnalis travel dari sebuah situs berita asal Australia mengumpulkan tips terbaik mereka untuk para traveler. Dikutip dari detikTravel, inilah 10 tips traveling yang harus Anda tahu:

1. Selalu bawa plastik 

Plastik ini tidak hanya berguna untuk menyimpan barang yang mudah tumpah tapi juga untuk hal lain. Simpanlah pakaian atau kaus kaki kotor Anda di dalam plastik. Karena, pakaian kotor bisa membuat pakaian bersih menjadi bau. Plastik jadi salah satu penyelamat dari bau tersebut. 

2. Belajar packing ringkas

Percayalah, Anda tak butuh pakaian seberat 20 kg untuk liburan selama seminggu. Sweater bisa digunakan lebih dari sekali dan kaus berbahan tipis bisa membuat bawaan berkali-kali lebih ringan. 

Makin sedikit barang bawaan, semakin menyenangkan perjalanan Anda. Belajar packing dengan ringkas bisa sangat membantu Anda saat sedang terburu-buru mengejar kereta atau pesawat berangkat serta pulang. 

3. Selalu bawa peta

Pastikan Anda selalu membawa peta kota tujuan liburan. Selama ada peta, Anda bisa berlama-lama melihat arah dan nama tempat tanpa kuatir baterai ponsel habis. Daripada menghabiskan baterai ponsel karena melihat peta, lebih baik simpan untuk foto-foto atau update status di media sosial.

4. Siap tidur di mana saja

Apa saja bisa terjadi saat traveling, termasuk tidur di terminal atau bandara saat kendaraan sedang bermasalah. Membawa penutup mata atau penutup telinga bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak meski tidak di tempat tidur. 

5. Ambil gambar pemandangan

Jangan terlalu banyak memotret diri sendiri atau teman-teman. Saat sedang kangen liburan, foto pemandangan akan jadi pengingat yang menyenangkan. 

6. Tanya tips dari penduduk lokal

Penduduk lokal memiliki pengetahuan lebih dari situs atau buku traveling manapun. Usahakan untuk bertanya mengenai beberapa hal kepada para penduduk lokal dan siap-siap terkaget mendengar jawaban mereka. Bisa saja Anda diberitahu mengenai pantai cantik atau tempat makan super lezat. 

7. Ketahui di mana kantor kedutaan besar

Ini sangat penting saat Anda liburan ke luar negeri. Berada di negeri orang, salah satu tempat yang untuk mencari pertolongan cepat selain polisi setempat adalah kedutaan besar negara sendiri. Pastikan Anda mengetahui di mana alamat dan bagaimana cara ke sana. 

8. Kenali jenis penipuan di tujuan liburan

Beberapa tempat memiliki jenis penipuan yang khas. Kenali apa saja penipuan yang biasa ada di sana. Ini bisa menghindarkan Anda dari penipuan yang bisa saja menimpa Anda saat liburan. 

9. Belajar menawar

Menawar saat belanja bisa membantu Anda menghemat pengeluaran. Ini juga bisa membuat Anda belajar mengenali berapa harga asli sebuah barang. Jadi, jangan takut untuk menawar asal bisa mengira-ngira harga asli barang tersebut. 

10. Bawa baju ganti dalam tas

Setiap traveler selalu mempunya satu tas yang dibawa ke mana-mana, bisa tas ransel atau tas jinjin. Biasanya, tas ini berisi barang-barang penting. Selain barang penting, jangan lupa pula membawa baju ganti dan alat-alat keperluan seperti sabun cuci muka dan sikat gigi. Ini sangat membantu jika koper Anda bermasalah atau terjadi sesuatu di jalan.


(detikTravel)

Artikel Terkait