Mau Menginap Di Hostel? Ini 5 Tips Supaya Anda Nyaman

Mau Menginap Di Hostel? Ini 5 Tips Supaya Anda Nyaman
Begini suasana di hostel (Getty Images)
Akomodasi kini mulai makin beragam untuk memenuhi kebutuhan semua traveler. Nah, bagi Anda yang belum pernah menginap di hostel, berikut tips jitunya. Apa saja?

Hostel memiliki konsep berbeda dengan hotel dan penginapan lainnya. Untuk itu, ada tips berbeda pula bagi Anda yang pertama kali menginap di sana. Dilansir dari  detikTravel, inilah 5 tips pertama kali menginap di hostel:

1. Bawa gembok kecil
Menginap di hostel terutama dengan kamar dengan banyak tempat tidur membuat Anda harus menaruh barang-barang di loker. Sayangnya, tidak semua loker di sana memiliki gembok yang mumpuni. Malah, banyak yang tidak bergembok.

Daripada bingung menjaga keamanan barang, ada baiknya Anda membawa sendiri gembok kecil. Pastikan gembok aman untuk digunakan di loker tersebut.

2. Tidak semua fasilitas tersedia
Hostel memang lebih sederhana dari hotel. Oleh karena itu, harus diketahui bahwa tidak semua fasilitas tersedia di sana. Seperti contoh, tidak semua hostel menyediakan selimut atau handuk. Jika ingin, Anda bisa menyewanya.

Beberapa hostel dengan baik hanya menginginkan uang deposit untuk peminjaman dan akan dikembalikan setelah waktu meminjam selesai. Beberapa lainnya akan memberikan tarif untuk peminjaman tersebut.

3. Tanya password WiFi secara teratur
Satu hal yang hampir selalu ada di hostel adalah WiFi. Karena, layanan internet sudah jadi kebutuhan yang tak bisa dilupakan oleh para traveler. Nah, tidak semua hostel memberikan password dengan mudahnya.

Beberapa dari mereka kerap mengganti password setiap sehari atau dua hari sekali. Tujuannya sederhana, agar hanya tamu hotelnya saja yang bisa mengakses WiFi. Maka dari itu, tanyalah password WiFi secara teratur jika ingin internetan lancar.

4. Tingkatkan toleransi
Menginap di hostel akan membuat Anda bertemu aneka traveler. Ini berarti, Anda harus lebih bertoleransi. Karena dalam sebuah ruangan, bukan hanya ada Anda melainkan banyak orang lain.

Jangan egois, misal mendengarkan musik terlalu keras. Atau, menelepon dengan suara keras saat malam hari. Hormati orang yang sedang beristirahat dan jangan langsung malas jika diajak mengobrol dengan orang lain.

5. Jaga keamanan saat mandi
Terlebih jika Anda traveling sendiri dan menginap di hostel. Saat mandi, tidak ada orang yang akan menjaga barang berharga Anda. Untuk keamanan, Anda bisa menaruh barang berharga tersebut di loker selama mandi.

Juga, pastikan kamar mandi terkunci rapat saat mandi. Bukan tidak mungkin ada saja traveler lain yang tidak sengaja membuka pintu kamar mandi Anda.