Pulau Rusa, Pulau Cantik Tak Berpenghuni di Aceh

Mau berlibur ke Aceh? Pulau yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Pulau Rusa adalah pulau kecil di Kabupaten Aceh Besar yang tak berpenghuni, tapi tetap cantik. Yuk, diintip!


Pulau ini diberi nama Pulau Rusa karena saat pemilik pulau bertandang ke sana, ia menemukan seekor rusa jantan yang bisa melahirkan. Berita aneh tersebut cepat menyebar ke seluruh Kecamatan Lhoong dan Aceh Raya sehingga orang-orang menyebutnya Pulau Rusa.

Pulau Rusa merupakan pulau yang berada paling luar di Indonesia. Pulau ini dipenuhi oleh pohon kelapa dan semak-semak. Namun, bentangan pasir putih dan batu-batuan karstnya menghiasi di sepanjang bibir pantai.

Kalau turun ke arah pantai, Anda akan mendapatkan panorama yang mengagumkan. Dengan garis pantai tidak terlalu panjang, Anda menjumpai batu-batu besar yang tersusun ecara alami. Rasanya tak kalah dengan panorama pantai di Bangka Belitung seperti ditampilkan dalam film Laskar Pelangi.

Walaupun, memiliki keindahan di pantai dan lautnya, pulau ini tidaklah berpenghuni. Pulau kecil yang terasingkan ini, berada di Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi NAD. Pulau Rusa memiliki luas sekitar 0,296 kilometer persegi.

Berada di ujung barat Nusantara, Pulau Rusa sebenarnya memiliki hasil laut lobster, teripang, udang, dan aneka jenis ikan yang berlimpah ruah. Konon, terumbu karang yang menghiasi dataran lautnya masih sangat terjaga. Tsunami yang menerjang Aceh tidak banyak menghancurkan ekosistem terumbu karangnya.

Pulau ini sangat indah, baik di wilayah daratan, pantai, maupun laut. Pulau ini terbentuk dari hasil pengikisan erosi dan abrasi batu gamping. Ada yang lucu, meski namanya Pulau Rusa, di daerah ini tidak ada rusa sama sekali. Hewan yang hidup di pulau ini adalah babi, ular, dan hewan melata lainnya. 

Dikarenakan tidak ada dermaga, untuk menuju Pulau Rusa, pelancong harus menggunakan boat kecil nelayan. Hanya membutuhkan beberapa menit dari Lhoong menuju Aceh Besar. Bila Anda ingin berkemah dan bermalam di sana, sebaiknya persiapkan bekal dan bawaan selengkap mungkin. Selain terpencil, akses jalan juga sangat sulit.
Sumber : travel.detik.com

Artikel Terkait