Keindahan Alam di Sepanjang Jalan Lhoknga dan Aceh Jaya



ACEH adalah surganya wisata. Hanya saja masih banyak titik-titik potensial yang hingga kini belum dikembangkan. Namun, bukan berarti semua keindahan alam tersebut tidak bisa dinikmati. Bahkan beberapa di antaranya bisa dinikmati secara gratis. Salah satunya adalah rute menuju kawasan pantai barat Aceh.
Jika anda pernah melintasi rute Banda Aceh-Aceh Jaya pasti akan terkagum-kagum dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Di ruas kiri jalan kita akan melihat tebing-tebing tinggi yang menjulang hijau. Sedangkan di ruas sebelah kanan terbentang laut luas dengan warna yang bergradasi. Laut tersebut adalah bibir pantai Samudera Hindia.
Jarak Banda Aceh dengan Kabupaten Aceh Jaya hanya terpaut sekitar 147 kilometer. Sebelum sampai di kabupaten tersebut kita harus melewati wilayah Aceh Besar meliputi kawasan Kecamatan Lhoknga, Kecamatan Leupung dan Kecamatan Lhong setelah itu baru masuk wilayah Aceh Jaya yang berbatasan dengan Kecamatan Lamno.
Di sepanjang jalan tersebut terdapat dua gunung yang cukup terkenal yaitu gunung Paro dan gunung Gurutee. Gunung Paro terletak sekitar 30 kilometer dari Banda Aceh sedangkan gunung Geurutee berada di jarak 66 kilometer.
Dari dua kawasan ini pemandangan alamnya sangat indah, sejauh mata memandang yang terlihat adalah lautan dengan beberapa gundukan pulau kecil. Tampak mencolok, gundukan pulau itu berwarna hijau di tengah lautan berwarna biru. Suasana di kawasan tersebut sangat tenang, udaranya bersih dan segar.
Sebelum sampai ke sana, sekitar 20 kilometer dari Banda Aceh, kita akan melewati jembatan rangka baja yang membelah sungai Raba di wilayah Aceh Besar. Dari sungai ini pemandangan alamnya juga tak kalah indah. Air sungai berwarna hijau dikelilingi tumbuhan warna senada seolah menjadi bagian dari gradasi bangunan jembatan berwarna terang.
Melewati rute Banda Aceh-Aceh Jaya kini semakin menyenangkan karena jalur transportasinya sudah bagus. Badan jalan yang mulus, suasananya yang tenang, dan keindahan alamnya yang mempesona membuat jalur ini sering diabadikan oleh para penikmat alam. Penasaran dengan keindahan alamnya? Berikut foto-fotonya yang kami ambil dari Atjehpos.com : 

Artikel Terkait