Pantai Lampuuk dan Cerita Mistis di Palung Laut


LHOKNGA – Pantai Lhoknga merupakan salah satu lokasi wisata di Aceh Besar yang sering diserbu pengunjung diakhir pekan atau akhir tahun. Panorama pantai dikombinasikan dengan pemandangan indah pegunungan kapur dapat menambah kenyamanan bagi mereka yang berada di kawasan ini.

Ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi, atau rata-rata berkisar satu meter di tepian pantai. Namun ada waktu dan lokasi tertentu, ombaknya bisa mencapai tiga meter lebih sehingga sering dijadikan lokasi berselancar para turis.

Ada berbagai macam nama objek wisata di Lhoknga, seperti Lampuuk hingga Babah Dua. Masing-masing dari daerah ini memiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri.

Konon, selain semua keistimewaan tadi, sejumlah objek wisata di sana juga memiliki mistis tersendiri. Bagi yang percaya, kabarnya laut ini dihuni oleh sejenis mahluk gaib yang memiliki hubungan dengan penghuni pantai selatan di Jawa Tengah.

Setiap bulannya pasti ada pengunjung yang tenggelam di sana sebagai tumbal bagi mahluk ini. Namun kebenaran cerita ini masih perlu kembali dipertanyakan.

Ada juga yang menyebutkan bahwa Pantai Lhoknga memiliki sebuah palung laut besar. Lokasi inilah yang sering menyeret sejumlah perenang tenggelam disana. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, ada sejumlah warga yang harus menghembuskan nafasnya yang terakhir, selama beberapa tahun terakhir disana.

Sebut saja, korban tenggelam di Pantai Babah Dua Lampuuk bernama Satria, 19 tahun, Sabtu sore 29 Desember 2012 lalu. Satria hingga kini belum berhasil ditemukan oleh tim SAR karena kondisi air laut sedang keruh.

Selain korban tadi, juga tercatat seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat, Benjamin Uskert, 31, yang tenggelam November 2010 lalu. Pria ini tenggelam karena hendak menolong seorang bocah bernama Syahrial, 14 tahun, yang terseret arus saat berenang. Konon, keduanya berenang berdekatan dengan letak palung laut tadi.

Namun terlepas dari sejumlah cerita tadi, Pantai Lhoknga yang berjaraknya hanya 20 km dari Kota Banda Aceh, tetaplah salah satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kawasan pantai ini cukup memberikan nuansa wisata pantai yang alami. Banyak pohon-pohon rindang terutama pohon kelapa yang tumbuh berjejer dan rimbun memberikan kesejukan, juga pohon cemara atau aron.

Pantai pasir putih dengan sedikit bebatuan yang memantulkan warna biru laut seolah-olah sebuah aquarium karena menampakkan ikan-ikan yang berwarna-warni. Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa.

Tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi tempat ini. Syaratnya, tetap waspada dan berenang tidak jauh dari bibir pantai.| atjehpost.com

Artikel Terkait