"Traveling" Kok Malah Stres? Simak Tips Ini...

ILUSTRASI - Rombongan wisatawan/Kompas
Tujuan dari sebuah perjalanan wisata adalah bersantai dan menyegarkan kembali pikiran dari kegiatan rutin, seperti bekerja ataupun belajar.

Melupakan sejenak semua masalah yang terjadi, memanjakan diri dan bersenang-senang, itu juga merupakan alasan seseorang melakukan perjalanan wisata. Namun terkadang, perjalanan wisata malah membuat beberapa orang jadi stres. Untuk itu ada beberapa tips untuk menghindari stres selama perjalanan wisata seperti di rangkum Kompas.

Pertama, uang adalah hal terpenting dalam memulai suatu perjalanan wisata. Periksa kembali jumlah uang Anda. Sering kali stres muncul karena uang yang tersedia selama perjalanan tidak cukup. Untuk menghindari ini, pastikan sebelum memulai perjalanan, Anda menyimpan uang cadangan.

Kedua, berdasarkan budget yang Anda miliki, tentukan tempat tujuan wisata Anda. Setelah itu, rencanakan perjalanan wisata Anda. Jangan ragu untuk menggunakan jasa biro perjalanan wisata bila Anda telah mengetahui cara memilih agen perjalanan wisata yang baik dengan cermat dan hati-hati.

Terlebih lagi jika Anda pergi dalam rombongan. Saat mengatur jadwal perjalanan yang harus menyatukan banyaknya kepala, stres bisa muncul. Jika memang susah, maka gunakan saja biro perjalanan wisata untuk minta dibuatkan paket tur.

Ketiga, jika Anda menggunakan jasa perjalanan wisata, maka periksa detail perjalanan Anda, termasuk waktu perjalanan wisata Anda, berapa uang yang akan dihabiskan, di mana Anda akan menginap, tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, hingga jenis hiburan seperti apakah yang akan Anda dapatkan.

Pastikan Anda sudah mengetahui semua rencana dengan detail. Jika Anda merancangnya sendiri tanpa bantuan biro perjalanan wisata, maka buatlah jadwal perjalanan Anda sendiri. Ini akan memudahkan Anda saat berwisata nantinya.

Keempat, jika Anda melakukan perjalanan wisata ke luar negeri, tentunya Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang Anda butuhkan dan harus Anda miliki.

Kelima, berkemas! Pastikan Anda membawa pakaian yang cocok dan sesuai cuaca di tempat tujuan wisata. Perhatikan pula bagaimana berkemas secara tepat agar Anda tak perlu membawa banyak tas untuk berwisata.

Selalu ada hal-hal yang tak terduga. Oleh karena itu, apa pun yang terjadi, pastikan Anda dapat menikmati perjalanan wisata tanpa cemas dan berharap sebuah perjalanan wisata yang sempurna.
(kompas)