Mau Dapat Rekor Memancing? Ikuti Aturannya Dulu!

Seorang warga sedang memancing ikan di pantai Lhok Mata Ie di Aceh Besar, foto: atjehpost
Meskipun peminat olahraga memancing di Indonesia terus meningkat, masih banyak di antara para peminatnya yang belum mengetahui aturan memancing di laut.

Demikian disampaikan Tan Sen Wie dari Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia (Formasi) pada acara Deep and Extreme 2013 di Jakarta Convention Center, seperti di kutip dari Kompas, Sabtu (6/4/2013).

"Formasi sudah membuat aturan resmi tentang olahraga memancing. Aturan tersebut mengatur tentang peralatan dan cara memancing sehingga bisa dipakai untuk keperluan pengajuan rekor. Jadi, kalau memancing, terus dapat ikan yang ratusan kilogram beratnya, tetapi peralatan yang dipakai tidak sesuai aturan, tidak bisa diajukan sebagai rekor, baik untuk Indonesia maupun internasional," kata Awie.

Awie menambahkan, pentingnya aturan tersebut membuat Formasi terus melalukan sosialisasi. "Kita cukup terbantu karena sejak 2008 kegiatan mancing sudah masuk APBD di banyak daerah. Jadi kalau ada kegiatan bahari, mancing selalu ikut. Momen itu kami pakai untuk sosialisasi peraturan ini khususnya ke nelayan dan masyarakat pesisir," tambah Awie.

Pameran tahunan Deep and Extreme Indonesia 2013 berlangsung di Jakarta Convention Center tanggal 4-7 April. Ditargetkan tahun ini jumlah pengunjung sebanyak 18.000 orang, meningkat dari tahun 2012 yang mencapai 16.000 orang.

(kompas)

Artikel Terkait