Pantai Pangandaran, Eksotisme Dari Barat Pulau Jawa

lokasi pantai pangandaran
Pantai Pangandaran (Foto) www.andyaning.com
Obyek Wisata Pangandaran adalah objek wisata popular yang berlokasi di kawasan Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai Pangandaran ini merupakan pantai terbaik di Pulau Jawa versi AsiaRooms. Di samping keindahan pantainya, Obyek Wisata Pantai Pangandaran juga memiliki beberapa keunikan lainnya, diantaranya: Sunrise dan sunset dari Pantai Timur dan Pantai Barat dapat terlihat secara jelas pada hari yang sama. Pantai di sini memilki pasir berwarna putih, dengan deburan ombak yang memberikan sensasi menyegarkan, airnya pun jernih, dan jarak antara pasang maupun surut relative cukup lama, hingga tidak terlalu berbahaya bila berenang di sini.

Di pantai ini juga Memiliki tim penyelamat yang sudah professional. Selain itu, terdapat pula taman laut dengan berbagai jenis ikan-ikan laut dan kefantastisan Gua Jepang yang merupakan hasil peninggalan Perang Dunia II. Di pantai Pangandaran sering di gelar event-event pariwisata yang jarang ada di Indonesia, antara lain: Hajat Laut, yaitu upacara yang diselenggarakan para nelayan di kawasan pantai Pangandaran yang merupakan sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih mereka terhadap kemurahan Sang Pencipta, dengan tradisi/cara melarung sesajen ke hamparan laut lepas. Acara semacam ini biasa diselengggarakan tiap-tiap bulan Muharam, yang biasanya berlokasi di Pantai Timur Pangandaran. Selain event/acara hajat laut, ada juga event yang di beri tema Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai macam kegiatan-kegiatan pendukungnya yang dapat kita nikmati pada tiap bulan Juni atau Juli.

Fasilitas

Terdapat lapangan parkir cukup luas, pelayanan pos terpadu, juga money changer. Selain itu ada pramuwisata, pusat Informasi pariwisata, bumi perkemahan, sepeda, ban renang sewaan, parasailing , jetski, dan waterboom.

Jajanan dan Aksesoris

Di pantai Pangandaran terdapat berbagai macam makanan dan souvenir. Mulai dari makanan khas sunda yang banyak digemari para pengunjung, serta jajanan-jananan tradisional seperti keripik-keripik dan manisan-manisan khas sunda lainnya. Di obyek Wisata ini juga terdapat berbagai macam souvenir yang unik untuk dijadikan oleh-oleh, antara lain: Tas, topi, sandal, baju, kain pantai, kalung-kalung atau gelang-gelang klasik, dan masih banyak lagi. Para penjual di obyek wisata tersebut cenderung ramah-ramah dan supel-supel, hal ini memberikan kenyaman bagi para pelancong yang ingin memburu makanan maupun souvenir. Harga-harganya juga relatif murah. Di jamin, saat berkunjung ke obyek wisata ini tidak akan menyesal. Jangan lupa membawa kamera, sebab panorama di sini begitu menawan dan akan sangat disayangkan bila tidak diabadikan.

Akses dan Transportasi

Terdapat dua jalur untuk menuju ke Obyek wisata ini. Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum. Anda bisa menaiki bus Jurusan Bandung – Tasikmalaya - Banjar – Pengandaran. Setelah itu Anda akan sampai tepat di depan pintu masuk Pantai Pangandaran. Bila Anda berangkat dari arah Jakarta, Anda bisa menaiki bus dengan Jurusan Kp. Rambutan – Pangandaran. Bila Anda berada di kota yang jauh, Anda dapat menggunakan pesawat Lion Air untuk menuju Bandung dan kemudian menempuh jalur darat.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuknya, tergantung dari jenis trasportasi apa yang Anda gunakan. Untuk pejalan kaki, akan dikenakan biaya Rp. 3.000 saja perorang. Untuk sepeda motor akan dikenakan biaya Rp 7.000,- per motor. Namun bila Anda menggunakan transportasi beroda empat atau lebih, Anda bisa dikenakan biaya tiket antara Rp 28.000, Rp 35.000, Rp 40.700, Rp 80.000, hingga Rp 169.000 untuk bus berukuran besar.

Ya, begitulah gambaran singkat tentang salah satu pantai tereksotis di Indonesia. Ajak serta keluarga serta sahabat Anda, agar lebih bisa menjaga kebersamaan serta dapat mempererat tali silahturahmi dengan keluarga Anda.

Selamat berlibur. Selamat berdarmawisata. Selamat bersenang-senang.

Artikel Terkait