ini dia boh rom-rom (onde-onde aceh)

Tags


Nama Indonesianya adalah Klepon. Di Aceh di kenal dengan nama boh rom rom, atau boh mencrot. Kenapa namanya boh mencrot mungkin karena kalau dimakan isinya bisa mencrot kemana mana. makanya kalau makan boh rom rom ada strateginya, harus masuk sekalian kedalam mulut, jangan di gigit atau di potong potong.

Di bulan puasa adalah waktu yang paling tepat untuk bikin boh rom rom. disamping gampang bikinnya, bahannya pun biasanya selalu ada tersedia dirumah, dan rasanya pun segar dan enak buat berbuka puasa.
Seperti hari ini aku bikin boh rom rom buat berbuka puasa. Kali ini aku bikin warna biru. bulatannya besar besar supaya cepat siap. dasar emang....

Shahnaz begitu melihat menu berbuka puasa boh rom rom, langsung senang dan berseri seri. "Thank you mama, thank you, thank you", jeritnya sambil memelukku. Shahnaz memang suka sekali boh rom rom. Aku pun ikut senang melihat reaksi Shahnaz. Bolak balik dia ke dapur dan berdiri memandangi piring berisi boh rom rom, "is it time to eat yet?".
Beda sekali dengan reaksiku ketika masih kecil dulu. Kalau mamak bikin boh rom rom, maka aku mulai protes, kok boh rom rom sih......

Aku ingat dulu ketika di Aceh. Setiap habis shalat tarawih di bulan puasa, kami biasanya tidak langsung pulang dari mushala. Di mushala selalu di adakan tadarus buat para remaja. Selang seling harinya antara remaja laki laki dan remaja perempuan.
Setiap rumah di sektor selatan dan tengah digilir untuk membawa snack bagi remaja tadarus setiap malam. Paling senang kalau snacknya risol, atau kroket, atau kue kue lainnya yang untuk bikinnya emang agak rumit dan lama. Sementara yang paling sering snacknya adalah kue boh rom rom, pisang goreng, kue dadar, dan kue kue semacam itu. Kami suka kecewa kalau yang datang kue kue itu, walaupun habis juga dimakan.

Tetapi boh rom rom buatan pendopo bentuknya keren sekali. Boh rom rom di pendopo bulatannya kecil kecil mungil dan berwarna warni. biasanya warnanya merah, hijau dan putih. cara dihidangkannya pun menarik. Setiap cup cake paper diisi dengan 3 warna boh rom rom.

Anehnya begitu aku meninggalkan Aceh, justru kue kue semacam boh rom rom dan dadar isi kelapalah yang selalu aku rindukan. Makanya di bulan puasa ini menjadi menu favoriteku. Lagian gampang di bikinnya. Shahnaz pun senang sekali. Beda lagi cara shahnaz memakannya, dengan menggunakan garpu boh rom rom ditusuk. sekali tusuk bisa 2 boh rom rom. Kalau bulatannya gedean(emang bulatan boh rom romku gak sama ukurannya. ada yang kecil, agak besar, dan besar....), maka dimakan satu. tapi giliran agak kecil, bisa masuk ke mulut 2 boh rom rom sekalian. 



Bahan-Bahan


1/4 kg tepung ketan
1/2 bh kelapa parut
1/4 kg gula merah, sisir halus
Pasta pandan secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya untuk merebus
2 lembar daun pandan

Cara Membuat


Panaskan air + daun pandan hingga mendidih
Aduk kelapa parut dengan garam secukupnya, sisihkan
Tepung ketan + sedikit pasta pandan dan garam di aduk dgn air panas td (+/-5 sendok), kmdn tambah air normal secukupnya, aduk sampai kalis, adonan jgn terlalu lembek dan jgn terlalu keras (seenaknya membentuk)
Ambil adonan tepung sebesar telur puyuh, kemudian bulatkan dan buat lobang tapi tidak bolong, Kemudian isi tengahnya dengan gula merah. Setelah tertutup (tidak ada yang bocor) masukkan ke dalam air yang sedang mendidih
Kalau sudah terapung angkat-tiriskan dan sebelum dingin guling-gulingkan dalam kelapa parut. Buat sampai adonan habis.


Catatan:

Selain daun Pandan untuk perasa dan pewarna, akan lebih bagus lagi kalo ditambah dengan sedikit “Daun Suji” untuk lebih memberi warna, agar kue akan terlihat lebih hijau dan indah dipandang.


Artikel Terkait