8 Warung Kopi Terbaik di Banda Aceh

Anda sedang berada di Banda Aceh dan ingin menghabiskan waktu sore hari sambil berselancar di dunia maya? Ada beberapa warung kopi atau yang ngetrend saat ini menamakan diri kafe, yang memiliki kenyamanan, tata ruang yang mempesona dan pelayanan prima yang bisa anda kunjungi. Menghabiskan waktu sendirian ataupun bersama teman-teman menjadi menyenangkan di tempat-tempat ini. The Globe Journal menurunkan laporan delapan “warung kopi terbaik” berdasarkan hasil survey beberapa waktu lalu. Survey ini dilakukan setidaknya memakai kaidah ilmiah tertentu dengan melibatkan beberapa indikator. Selamat menikmati...

1. Tower Coffe Premium


Tower Coffe Premium  ini terletak di pusat pertokoan Simpang Lima ini didesain dengan dekorasi minimalis yang mewah. Pengaturan ruangan yang didominasi oleh lampu neon dan sofa membuat para pengunjung betah berlama-lama disini. Pelayan yang sigap, lantai yang bersih serta suasana tenang membuat nilai plus tempat ini. Tapi sayangnya suasana tenang tersebut tidak di dapat jika anda duduk dan menghabiskan waktu pada waktu malam hari di luar ruangan. Maklum saja, lalu lalang kendaraan di persimpangan membuat telinga Anda sulit beristirahat. The Globe Journal memberikan nilai 9 untuk warung kopi milik taipan Aceh, Abu Bakar.


2. Syair Cafe


Rumah yang disulap menjadi warung kopi ini sengaja didesain dengan nuansa Bali. Nuansa Bali akan terasa lebih hidup saat anda melewati gerbang yang dihiasi kain bermotifkan hitam-putih khas Bali. Apalagi kalau sudah menginjakkan kaki ke dalam ruangan, aroma Bali-nya sudah semakin kental saja. Meja dan kursi yang tidak memenuhi ruangan menjadi salah satu ciri khas lain dari warung kopi, yang membuat para pelanggan lebih nyaman untuk duduk dan mengobrol. Pelayanan yang sigap dan cepat membuat anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memesan makanan. Tapi sayangnya, bila duduk di lobby bagian atas pada sore hari, maka anda harus hati-hati dihembus angin. The Globe Journal memberikan nilai 9 untuk desain ruangan yang dimilikinya. 


3. Petuah Thoe


Kafe yang sudah cukup “berumur” ini didesain tidak terlalu mewah. Tapi pelayanan yang prima dan ruangan yang bersih, tidak pengap dan bebas asap rokok menambah nilai plus tempat ini. Selain minuman biasa, Petuah Thoe juga menyediakan kopi luwak dengan tarif yang aman untuk kantong anak muda. Tidak hanya itu saja, selain internet gratis yang disediakan untuk para pengunjung, di sini juga disediakan ruangan khusus karaoke dan live musik setiap malam Kamis dan malam Minggu. Jadi bagi anda yang ingin nongkrong dengan teman sambil bertanding suara, maka ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Untuk harga, jangan khawatir, karena tidak akan memberatkan kantong anda. Untuk warung kopi yang satu ini, The Globe Journal juga memberikan nilai 8.


4. Coffe Bay


Warung Kopi ini letaknya dekat dengan Pantai Ulee Lheu. Dari Coffe Bay ini kita bisa melihat dan merasakan hawa laut. Pemandangan yang seperti ini tentu jarang di dapati di warung kopi-warung kopi lainnya.  Pelayan yang ramah dan sigap serta tempat yang bersih menjadi alasan untuk duduk berlama-lama di sini. Di tambah lagi, dengan tempat yang luas dan teduh, maka anda tidak akan merasa terganggu jika menghabiskan waktu di sini. Poin 8 untuk warung kopi penyejuk mata ini.


5. Five Corner


Ruko satu pintu yang terletak di sudut pertokoan tampaknya menjadi tempat nongkrong paling disukai oleh semua kalangan usia. Tidak hanya di dalam ruangan dengan desain minimalis dan di dominasi warna ungu, ruangan di luar juga menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu tanpa memanfaatkan koneksi internet. Sayangnya ruangan shalat yang disediakan sangat kecil, 2x3 meter. Nilai plusnya adalah tempat shalat yang bersih dan dilengkapi dengan pendingin ruangan. 


Namun sayangnya, jika malam hari anda harus bersabar menunggu pelayan yang datang untuk memesan makanan dan minuman. Selain ramai dengan para pengunjung dan hinggar bingar musik, warung kopi yang telah berdiri satu tahun ini riuh dengan kebisingan kendaraan yang melintas karena terletak di samping trafic light Simpang Lima Banda Aceh. The Globe Journal memberikan nilai 7 untuk warung kopi ini.

6. Yellow


Yellow juga salah satu warung kopi yang disulap dari kantor partai nasional yang dimotori oleh Azwar Abubakar, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi. Ruangan minimalis tersebut ditata dengan apik untuk menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung. Dengan hanya lima meja yang diatur di dalam membuat para pengunjung lebih leluasa untuk mengobrol. Dengan para pelayan yang sigap dan ruangan yang bersih menjadi nilai plus warkop ini selain minuman khas yang disajikannya, seperti kopi kamus dan Single Espresso serta Ice Blended Mocca. Harganya? Tidak usah khawatir, karna disesuaikan dengan kantong anak muda. The Globe Journal memberikan poin 9 untuk yellow karena juga memiliki ruangan shalat yang bersih, luas dan terpisah di dalam membuat anda lebih khusyuk dalam beribadah. 


7. Rumoh Aceh


Warung kopi dengan konsep rumah adat Aceh ini memang sangat unik. Rumah panggung yang disulap menjadi warung kopi dan terbagi menjadi dua bagian, bagian bawah dan bagian atas rumah. Pelayan yang ramah dan tempat yang bersih serta tenang membuat para pengunjung betah berlama-lama untuk bersantai dan berselancar ke dunia maya. Andalan utama Rumoh Aceh adalah kopi luwak yang dapat di pesan dalam berbagai rasa. Harganya? Masih dibawah dari harga yang ditawarkan di Coffe Shop kelas dunia. The Globe Journal memberikan nilai 9 untuk tempat ini.


8. Solong


Warung kopi yang sudah melegenda di Aceh ini masih tetap di gemari walaupun desain ruangan yang dimilikinya sangat sederhana. Solong terkenal dengan kopi Ulee Kareng yang terasa khas di lidah. Walaupun ramai, penuh sesak dan asap rokok, Solong masih tetap menjadi tempat favorit para penyuka kopi. Tidak hanya orang-orang biasa, para pejabat dan orang-orang berpengaruh banyak menghabiskan waktu di sini. Bahkan bagi tamu-tamu pemerintahan yang berkunjung ke Aceh pasti akan datang ke sini untuk mencoba kenikmatan kopi Aceh. Nilai 8 pantas diberikan untuk warung kopi sederhana nan terkenal ini.


Tentunya masih ada puluhan kafe dan ribuan warung kopi lainnya di Banda Aceh. Namun setidaknya delapan yang kami sebutkan tadi layak menjadi referensi dan dinikmati. (theglobejournal.com)

Artikel Terkait