Tari Saman Raih Penghargaan di Inggris

Pertunjukan Tari Saman dari Aceh, foto: Antara

Tim Penari Saman dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Leeds, Inggris, memboyong  'Best Performance Award' dalam acara 'Cultural Showcase' di Inggris.
Acara yang digelar University of Leeds sebagai bagian dari World Unite Festival 2013. "Festival kebudayaan yang diadakan Leeds University Union ini menunjukkan kekayaan kebudayaan dari berbagai pelosok dunia," jelas Ketua PPI Leeds, Ivaldi Fabtra, Selasa (19/3).
Ivaldi menjelaskan puncak acara itu adalah 'Cultural Showcase', saat setiap komunitas menampilkan pertunjukan kebudayaan masing-masing. 
Leeds Indonesian Society yang dipayungi PPI Leeds juga mengelar beberapa event seperti pemutaran film Rumah Dara di International Film Festival dan Indonesian Fair. 
Ivaldi Fabtra mengatakan mahasiswa dan mahasiswi Indonesia juga mendirikan stall makanan dan cindera mata dari Indonesia, serta mengadakan pertunjukan musik Indonesia dan pemutaran film 'Merantau' dan 'The Raid'.
Puncak acara adalah Cultural Showcase, dan ketika tim Indonesia mendapat giliran. Pertujukan diawali dengan dengan video pengantar. Selanjutnya tim saman PPI Leeds  memulai aksi yang berhasil memukau penonton. Gemuruh tepuk tangan dan riuh teriakan yang penuh kekaguman selalu memenuhi ruangan setiap kesempatan. 
(antara)

Artikel Terkait