Datangi Ajang Berkumpulnya Para Raja dan Sultan di Indonesia

Suasana jumpa pers (Afif/detikTravel)

Musyawarah Agung adalah ajang berkumpulnya para Raja dan Sultan di Indonesia. Tahun ini, 138 Raja dan Sultan se-Indonesia akan berkumpul di Jakarta. Wisatawan bisa berkenalan langsung dan melihat beragam budaya.

Musyawarah Agung terlaksana lewat Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara (FSKN). Tahun ini, Musyawarah Agung II akan digelar di Gedung Candra Naya yang berlokasi di Jakarta Barat. Wisatawan bisa datang ke acara ini yang digelar pada 25-27 April 2013.

"Nantinya ada 138 Raja dan Sultan yang tersebar di Nusantara, dari Aceh hingga Raja Ampat," kata Ketua Panitia Musyawarah Agung, Naniek Widayati Priyomarsono saat jumpa pers Musyawarah Agung FSKN di Candra Naya, Jl Gajah Mada, Jakarta Barat, Jumat (19/4/2013).

Wisatawan tak hanya bisa melihat dan berkenalan langsung dengan para Raja dan Sultan ini. Nanik menuturkan, akan ada banyak pagelaran budaya mulai dari prosesi perkenalan Raja dan Sultan, pertunjukan seni, tarian, hingga kuliner khas masing-masing.

"Ada juga pameran benda pusaka dari tiap kerajaan atau kesultanan di Indonesia. Itu di hari ke-2 dan masyarakat boleh lihat langsung," tambah Naniek seperti diberitakan detikTravel.

Itulah asyiknya. Walaupun jadi ajang silaturahmi bagi para Raja dan Sultan, Musyawarah Agung juga bisa dinikmati oleh wisatawan. Anda bisa mengenal kerajaan dan kesultanan di seluruh Indonesia, mengenal tradisi dan budaya mereka, juga melihat benda-benda pusaka. Ingat, warisan-warisan budaya ini tak dimiliki oleh negara lain lho.

(detikTravel)

Artikel Terkait