Di Aceh terdapat objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Banyak hal-hal unik dan terindah terdapat di Aceh. salah satu yang harus anda kunjungi adalah objek wisata air terjunnya, dari informasi yang didapat, di aceh terdapat lebih dari 10 air terjun. Tapi pada postingan ini mengambil yang paling indah yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam ini.

Nah, ini dia kesepuluh air terjun menurut berita hotspot aceh, dimulai dari yang terindah dan paling banyak di kunjungin

1. Air Terjun Suhom.( Aceh Besar )
Air terjun ini terdapat di daerah aceh besar. tetapi tidak terlalu jauh dari ibu kota aceh, yaitu banda aceh. dari banda aceh menuju ke lokasi air terjun ini lebih kurang 1 jam. jalan menuju ke air terjun ini juga bagus. kalau main ke aceh, rugi kalau tidak datang ke tempat ini. setiap hari libur, banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati panorama alamnya yang dapat membuat pikiran dan beban yang ada di kepala hilang. 











2. Air Terjun Akang Siwah ( Gayo Lues )
Alam Air Terjun Akang Siwah Objek wisata ini merupakan wisata alam/ekowisata yg mempesona, dan masih sangat alami, cocok bagi yang menginginkan ketenangan dan merasakan kesejukan udara disini. wisata alam air terjun akang siwah hanya berjarak 6 Km dari Ibukota kabupaten yaitu Blangkejeren, Air Terjun ini memiliki panorama tiga(3) tingkat (8m, 14m dan 80m)













3.Air Terjun Kuta Malaka ( Aceh Besar )

 Air Terjun Kuta Malaka merupakan air terjun yang terletak di Kuta Malaka Kecamatan Samahani Kabupaten Aceh Besar yang berada pada ketinggian lebih kurang 600 m dpl, dengan bentuk bertingkat-tingkat.  Namun kata masyarakat setempat mencapai 7 tingkat dan bahkan ada yang mengatakan 20 tingkat.Untuk dapat berkunjung ke tempat wisata indah ini pengujung harus menempuh perjalan sejauh lebih kurang 30 km dari pusat kota Banda Aceh. Hampir setiap hari minggu atau hari libur, tempat ini ramai di kunjungin, baik masyarakat lokal, maupun luar kota. Memang Sungguh Indah Alam Nanggroe Aceh Darussalam.







4. Air Terjun Pucok Krueng ( Abdya )
Objek wisata air terjun Pucok Krueng yang berlokasi di Gampong Alue Laseh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dalam beberapa tahun terahir ini menjadi kawasan waisata yang paling diincar para wisatawan lokal. Pasalnya, selain lokasi yang mudah dijangkau, suasana di kawasan objek wisata dimaksud juga masih tampak asri.










5. Air Terjun Tansaran Bidin ( Bener Meriah )

Air Terjun Tansaran Bidin terletak di Desa Tansaran Bidin, Kec. Bandar Kabupaten Bener Meriah dengan ketinggian mencapai 50 M menobatkannya menjadi Air Terjun Paling Tinggi di Kabupaten Bener Meriah. Lokasinya tidak jauh dari Pondok Baru yang merupakan Ibukota Kec. Bandar Kab. Bener Meriah tapi karena sarana jalan yang belum memadai, untuk mencapai lokasi air terjun terpaksa ditempuh dengan jalan kaki selama kira-kira 1,5 jam (tergantung kekuatan kaki dan kecepatan langkah masing²) jalan menuju ke lokasi air terjun yang berhutan dan agak berbukit membuat liburan anda makin penuh dengan petualangan







6. Air Terjun Terujak ( Aceh Timur )
Objek Wisata Air Terjun Terujak merupakan Tempat wisata yg berudara sejuk, serta mempunyai pemandangan hutan alam yg indah. Air Terjun Terujak berada di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Cara Menuju Lokasi bisa Menggunakan kendaraan mobil ataupun sepeda motor, Dilokasi wisata ini selain air terjun yg indah, terdapat juga tempat pemandian air panas yg bersumber dari belerang dilereng gunung, dan juga terdapat tempat pemandian air dingin






7. Air terjun Lae Gecih ( Aceh Singkil  )
Air terjun Lae Gecih obyek wisata ini. Berlokasi di desa kuta tinggi / lae gecih kecamatan simpang kanan. Jarak dengan ibukota kabupaten yaitu kira2 90 km dan kecamatan 20 km. kegiatan masyarakat di daerah ini mayoritas budidaya ikan air tawar dan bertani, sehingga wisatawan yang berkunjung di daerah ini dapat melihat kegiatan pedesaaan.
















8. Air Terjun SKPC ( Subussalam )
Air Terjun SKPC dikelilingi perkebunan kelapa sawit dan salak pondoh milik transmigrasi setempat itu terlihat indah meski belum tertata rapi. Obyek wisata yang berada sekitar delapan km dari pusat Kota itu ramai dikunjungi masyarakat setiap hari libur. Lokasi air terjun SKCP yang berada di kawasan kampung SKPC Kecamatan Penanggalan, tidak begitu jauh dari pusat kota itu bisa dijadikan tempat rekreasi karena alam sekitarnya indah dikelilingi perkebunan kelapa sawit dan salah pondoh milik masyarakat setempat. Subulussalam berada diperbatasan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dengan Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kota ini baru definitif dan terpisah dari Kabupaten induk Aceh Singkil. Komoditi dominan daerah kelapa sawit, di samping pertanian. Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam kini sedang giat membangun berbagai fasilitas publik, sehingga terlihat indah pusat kota “transit” yang berbatasan dengan Aceh Singkil,Aceh Selatan, Aceh Tenggara dan Provinsi Sumut itu dinilai strategis prospeknya ke depan.






9. Air Terjun Sabang ( Pulau Weh )
Sungai Pria Laot berhulu dari Gunung Sarung Keris. Di tengah-tengah hutan, teidak terlalu jauh dari desa Pria Laot, sungai tersebut berubah menjadi air terjun bertingkat yang menakjubkan. Disana Anda dapat berenang di bawah air terjun, atau sekedar menikmati suasanan hutan lindung dengan kupu-kupu yang bertebaran di sekelilingnya. Air terjun tesebut terletak 1,7 km dari jembatan Pria Laot.






10  Air Terjun Mengaya ( Aceh Tengah-Takengon)
Air Terjun Mengaya ini Terletak di Desa Mengaya, Kec.Bintang. Kabupaten Aceh tengah berdekatan dengan obyek wisata Danau Lut Tawar. Melalui jalan setapak yang sudah beraspal, pengunjung bisa menikmati panorama hutan yang asri dan udara yang sejuk di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun ini. [Sumber]

SHARE :
 
Top