Nikmati Sunset di Kampung Jackie Chan


Jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Banda Aceh, sekitar 17 kilometer arah ke Krueng Raya kita akan menemukan sebuah Kampung persahabatan Indonesia-Tiongkok yang lebih terkenal dengan Kampung Jacky Chan, tepatnya di perbukitan Desa Neuheuen, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.
Saat menuju ke kampung ini dari arah Banda Aceh, pemandangan laut juga akan menemani perjalanan kita saat melewati rumah-rumah warga sekitar. Dari atas bukit sanalah Kampung Jackie Chan sudah terlihat dengan atap-atap rumah berwana merah bata bercampur dengan warna dinding kuning.
Lalu apa yang membuat daerah ini dikenal dengan Kampung Jackie Chan? Padahal disaat kita memasuki pintu gerbang kampung ini tertulis dengan besar Kampung “Persahabatan Indonesia-Tiongkok” lengkap dengan aksara China. Ceritanya pembangunan kampung ini pascatsunami 2004 lalu, disponsori oleh China Charity Federation dan Red Cross Society of China. Dan konon, bintang film laga Jackie Chan adalah satu orang yang ikut serta dalam menggalang dana untuk rumah bantuan bagi korban tsunami ini.
Jackie Chan saat berkunjung ke Aceh (Foto laureusarchive.com)Pembangunan kampung “China Town” yang diresmikan 19 Juli 2007 silam dilakukan langsung oleh kontraktor asal Tiongkok, yakni Synohydro Coorporation China. Pekerjaan yang menelan biasa senilai USD 7 juta merupakan salah satu proyek hibah terbesar dari Tiongkok untuk daerah yang sama-sama dilanda tsunami.
Tidak ketinggalan nuansa negeri Tiongkok juga terlihat begitu kental saat memasuki gerbang Kampung Jackie Chan yang sebenarnya mirip kompleks bungalo, atau vila itu.
Namun, ada pemandangan yang menarik lainnya jika kita berkunjung sore hari ke Kampung Jackie Chan yang memiliki luas 22,4 hektare ini, apalagi kalau bukan untuk menyaksikan sunset. Karena berada di atas bukit, hamparan laut cukup memanjakan mata begitu pula saat matahari terbenam akan terlihat sangat indah sekali.[seputaraceh.com]

Artikel Terkait