Wisata Alam Penuntungan Subulussalam


Wisata alam Penuntungan ini terletak di kecamatan Penanggalan. Secara geografis berada di barat Laut Kecamatan Penanggalan. Lebih tepatnya masuk dari Gapura yang berada di Jalan Raya Subulussalam Penanggalan. Kalau anda datang dari arah barat Subulussalam (Tapaktuan, Blang Pidie dan searah dari jalan tersebut) maka Wisata alam ini berada di sebelah kiri. Namun, bila anda datang dari arah timur (Medan, Sidikalang dan searah dari jalan tersebut) maka anda Wisata alam ini berada di sebalah kanan.
Wisata Alam Penuntungan
Wisata alam ini tempat yang sangat cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga, teman kantor, teman tongkrongan dan lainnya dikarenakan air nya yang bersih serta suasana yang masih alami dengan pepohonan rindang. Sehingga udara yang kita hirup sangat baik kadar kualitasnya. Bahkan, di seberang aliran sungai tersebut terdapat sebuah Air terjun (yang saya perkirakan tingginya mencapai 20 meter dan lebar nya 3 meter).
Wisata Alam Penuntungan
Foto diatas saya ambil pada saat liburan Hari Raya Idul Fitri 1429 H (3 Oktober 2008). Lokasi wisata akan dipadati pengunjung pada saat hari libur. Terutama pada hari Raya, bahkan pernah saya temui pengunjung yang berasal dari Padang Sidempuan yang serta merta menyempatkan diri untuk melihat Lokasi wisata ini..
Kekurangan dari Lokasi wisata ini adalah jalan menuju lokasi masih belum ber-aspal (lebih kurang 5 Km) serta minimnya infrastruktur di dalam Lokasi wisata tersebut. Seperti MCK belum ada dan tempat berteduh yang nyaman. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya Kota Subulussalam, saya yakin dan optimis Lokasi ini akan menjadi lebih baik sehingga menjadi aset Wisata Subulussalam.(kotasubulussalam.wordpress.com)

Artikel Terkait