Liburan Sambil Belajar Sejarah, Museum Tsunami Aceh Tempatnya



BANDA ACEH – Berkumpul bersama keluarga di akhir pekan memang mengasyikkan. Apalagi jika menghabiskannya sambil berwisata di tempat-tempat bersejarah. Masyarakat Kota Banda Aceh dan sekitarnya juga tak melewatkan akhir pekan di penghujung tahun 2012 ini.
Tak ingin melewatkannya begitu saja, masyarakat lantas memilih untuk berkunjung ke destinasi wisata favorit. Salah satunya adalah Museum Tsunami Aceh di Jalan Iskandar Muda Banda Aceh. Minggu terakhir Desember 2012 Museum Tsunami Aceh ramai dikunjungi masyarakat. Bukan hanya dari masyarakat pribumi saja, namun juga ada pengunjung dari etnik Tionghoa.
Di dalam museum, para pengunjung khususnya anak-anak tampak sangat antusias, mereka melihat lukisan, foto-foto, dan menyaksikan pemutaran video tsunami serta hiasan-hiasan lainnya di dalam museum.
Namun, ada pula anak-anak yang takut saat memasuki gedung. Maklum di pintu awal masuk museum yang berupa lorong gelap tersebut memang memberikan kesan ngeri, ditambah gemericik air yang mengalir di dinding lorong. Seorang anak sempat menangis karena ketakutan.
"Adek gak mau masuk, gelap di dalam, adek Takut," ujar anak tersebut.
Seorang pengunjung  mengatakan ia sengaja menghabiskan hari libur ini dengan keluarganya di Museum Tsunami Aceh.
"Yah sambil liburan, juga bisa menambah wawasan pengetahuan buat anak-anak mengenai tsunami yang terjadi di aceh beberapa tahun lalu," ujarnya.
Jika sudah puas-puas berkeliling di Museum Tsunami, pengunjung juga bisa melihat kuburan Belanda atau Kherkof yang berada tak jauh dari lokasi museum. Selamat berakhir pekan.[Atjehpost.com]

Artikel Terkait