Kursi Mana yang Teraman di Pesawat?

Tags

(Foto: telegraph)
SAAT berada di pesawat, kursi mana ya, yang paling aman bila terjadi kecelakaan? Sebuah studi dari situs Telegraph siap mengungkapkannya.

Kecelakaan pesawat memang tak dapat dihindari, dan seringkali sedikit yang selamat. Namun tentu ada kursi-kursi tertentu di pesawat yang lebih aman dari kursi lainnya bila kecelakaan terjadi.

Banyak teori mengenai kursi teraman di pesawat. Ada yang mengatakan kursi teraman berada di dekat sayap pesawat, karena itu adalah bagian terkuat dari sebuah pesawat. Ada pula yang mengatakan bagian belakang yang paling aman.

Produser-produser film dokumenter The Crash mencoba menguji teori ini. Dia membawa kamera, sensor dan boneka penguji di sebuah Boeing 727 untuk membuatnya 'jatuh' di Gurun Sonoran, Meksiko.

Setelah dijatuhkan, bagian depan pesawat dan 11 baris terdepan yang biasanya diduduki penumpang kelas pertama dan bisnis di pesawat tersebut hancur. Ilmuwan menyimpulkan bahwa dengan tes seperti itu, tidak ada penumpang kelas pertama yang selamat.

Pada 2007 Majalah Popular Mechanics juga melakukan studi yang sama. Mereka menganalisis data pesawat jatuh sejak 1971 hingga 2007, dan menemukan bahwa penumpang yang duduk di bagian paling belakang pesawat punya kesempatan bertahan hidup dari kecelakaan lebih besar.

Penggunaan sabuk pengaman juga menentukan keselamatan Anda. Sebuah studi tahun lalu di Meksiko menunjukkan bahwa penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman memiliki kesempatan hidup yang kecil ketika pesawat jatuh. 

Dari data-data ini, Telegraph membuat kesimpulan bahwa kursi yang teraman sesungguhnya adalah kursi kelas ekonomi, yang berada di bagian belakang pesawat. Terutama bila Anda mengenakan sabuk pengaman, dan berada beberapa baris dari pintu darurat.


(okezone)

Artikel Terkait