7 Penyakit Traveling yang Bisa Dicegah dengan Vaksin

Tags

Penyakit Traveling
Penyakit Traveling yang Bisa di Cegah dengan Vaksin (Thinkstock)
Kebanyakan wisatawan sering menganggap remeh akan terkena penyakit di negara orang, padahal resikonya sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk itu vaksinasi sangat penting, karena bisa mencegah wisatawan dari beberapa penyakit yang berbahaya.

Hal itu diungkapkan Dr Tony Gherardin dari Travel Doctor TMVC kepada The Sydney Morning Herald edisi Sabtu (4/5/2013). Menurut dia, 50 persen traveler tidak melakukan vaksinasi sebelum traveling.

Akibatnya, para traveler bisa tertular penyakit di negara tujuan mereka. Masalahnya adalah penyakit di setiap negara berbeda-beda. Nah, inilah 7 penyakit yang mengancam traveler yang bisa dicegah dengan vaksinasi:

1. Tipes

Tipes mengancam traveler di India, Pakistan, Sri Lanka, Afghanistan, Afrika dan Amerika Selatan. Indonesia juga memiliki catatan kejadian tipes cukup sering. Penyakit ini menyebar lewat makanan dan air yang kotor. Penyebabnya adalah bakteri salmonella yang menyebabkan demam. Penyakit ini bisa dicegah sebelumnya dengan vaksinasi.

2. Influenza

Penyakit influenza ada di hampir seluruh negara di dunia. Variannya bermacam-macam, dari yang ringan sampai menyebabkan kematian seperti Flu Burung. Jangan khawatir, vaksinasi bisa memberikan 70 persen perlindungan kepada wisatawan.

3. Rabies

Penyakit rabies menular melalui gigitan hewan yang terinfeksi. Banyak ancaman rabies di Afrika dan Asia. Bali adalah salah satu destinasi wisata populer dengan ancaman rabies. Rabies menyebabkan sakit kepala, demam, kelumpuhan dan bisa berakibat fatal. Vaksinasi bisa mencegah wisatawan dari terkena penyakit rabies.

4. Hepatitis A

Hepatitis A banyak muncul di negara berkembang. Penyakit ini menginveksi liver dan menyebabkan demam. Pastikan Anda sudah divaksinasi Hepatitis A sebelum traveling ke negara yang berisiko.

5. Hepatitis B

Hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh dan juga banyak muncul di negara berkembang. Penyakit ini juga bisa berakibat fatal atau kronis. Untungnya, Hepatitis B bisa dicegah dengan vaksinasi.

6. Radang otak

Radang otak atau enchephalitis adalah penyakit dengan gejala seperti flu dengan demam dan pembengkakan otak. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk. Jepang adalah salah satu negara dengan kasus radang otak yang harus diwaspadai wisatawan. Cegahlah dengan vaksinasi, karena 30 kasus radang otak bisa berakibat fatal.

7. Yellow fever

Yellow fever atau demam kuning ditularkan oleh nyamuk di Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Penyakit ini menyebabkan gagal ginjal atau gagal liver sebelum kematian. Vaksinasi bisa mengurangi risiko penyakit ini terhadap wisatawan.


Other articles:
Health Benefits of Pomegranate
Benefits of Dragon Fruit For Health
Health Benefits of Beets
Health Benefits of Starfruit
(detikTravel)

Artikel Terkait