Iboih, Pantai Paling Keren di Ujung Barat Indonesia

Pantai Iboih di Sabang

Pantai Iboih terletak di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh. Di sini Anda akan terdiam seribu bahasa ketika menatapi pantainya. Pasir dan air lautnya sangat menggoda. Anda pasti tidak ingin pulang ke rumah. Amazing!

Setelah mengunjungi Zero Kilometer of Indonesia, kami pun beranjak menuju Pantai Iboih yang terletak di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang, NAD, Indonesia. Luas pantai ini sekitar 1.300 hektar. 

Jarak tempuh Pantai Iboih dari Tugu Nol Kilometer Indonesia cukup dekat, yaitu sekitar 3 km atau sekitar 29 km dari Kota Sabang. Untuk menuju Pantai Iboih ini, traveler bisa menggunakan minibus ataupun ojek dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Kota Sabang.

Dalam waktu yang singkat, kami pun tiba di Pantai Iboih. Tanpa perlu berlama-lama lagi, kami pun langsung turun dari mobil dengan bertelanjang kaki demi merasakan halusnya pasir putih di Pantai Iboih. Puluhan pasang mata turis asing pun langsung menyapa kami. Mengagumkan, ternyata lebih banyak turis asing yang berlibur disini daripada turis lokal.

Bagi traveler yang datang kesini dengan perut lapar, tidak perlu khawatir karena cukup banyak warung makan yang berjualan di sekitarnya dengan menu yang bervariasi. Mulai dari ikan bakar lengkap dengan sambal dan lalapan hingga menu mie Aceh pun tersedia. Harganya standar dan rasanya pun lumayan.

Tak hanya warung makan, di sini juga terdapat toko alat memancing, toko souvenir khas laut plus kaos-kaos bertuliskan Sabang, Iboih Beach, Three Wells. Tak ketinggalan pula sebuah toko yang menjual atau menyewakan peralatan diving dan snorkeling.

Berminat untuk menginap disini? Tenang, cukup banyak terdapat penginapan di Pantai Iboih, dari yang model kamar biasa sampai dengan cottage. Yang menarik adalah, cottage di Pantai Iboih dibangun di sisi tebing.

Cottage ini baru terlihat saat kami naik perahu mengelilingi Pulau Rubiah, letaknya tersembunyi di balik rerimbunan pohon. Harganya pun bervariasi dan terjangkau, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per malam.

Selain berenang dan menikmati panorama, Anda juga bisa snorkeling di Pantai Iboih. Namun, spot snorkeling yang paling bagus berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai atau di dekat Pulau Rubiah. Pulau Rubiah adalah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak sekitar 350 meter dari Pantai Iboih. (detikTravel)

Berenang di Pantai Iboih


Cottage di Pantai Iboih


Toko Souvenir di Pantai Iboih


Terumbu Karang di Pantai Iboih