Indahnya Bunga Langka Edelweis di Puncak Gunung Burni Telong

Indahnya Bunga Langka Edelweis di Puncak Gunung Burni Telong
(Foto: Atjehpost)
Indahnya Bunga Langka Edelweis di Puncak Gunung Burni Telong - Bunga Edelweis atau sering juga disebut sebagai bunga abadi sering dijadikan sebagai simbol keabadian cinta. Ada juga yang menyebutnya bunga ketulusan dan perjuangan.

Edelweis merupakan tanaman endemik khusus yang hidup di pegunungan beriklim dingin pada ketinggian di atas 2.000 mdpl. Bunga ini istimewa karena mampu hidup di atas tanah yang minim unsur hara karena bersimbiosis dengan mikoriza.

Hampaan bunga Edelweis berada di lereng terjal sebelum tiba di puncak gunung berapi Burni Telong. BURNI Telong adalah gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Bener Meriah, sekitar 17 kilometer dari Takengon, Aceh Tengah. Ketinggiannya 2.624 meter di atas permukaan laut. Burni Telong termasuk dalam tipe gunung berapi strato.


Puncak Burni Telong dapat dicapai dari dua arah. Pertama dari lereng tenggara melalui Kampung Sentral. Bisa juga dari lereng barat daya melalui Bandar Lampahan. Umumnya para pendaki naik lewat lereng barat daya. Dibutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat jam untuk mencapai puncak. Sebelum sampai ke pintu rimba, harus melalui kebun kopi dan tebu milik petani setempat.

Selain bungan edelweis beberapa tumbuhan khas ada di Burni seperti anggrek hutan. Anggrek-anggrek ini bisa ditemui sebelum tiba di ladang edelweis.
Hamparan edelwis terletak di lereng terjal sebelum tiba di puncak. Di ujung ladang edelwis ada sebuah gua kecil. Di sini juga bisa didapat tumbuhan kantong semar.
Kantong Semar (Foto: ahasembilansatu.blogspot.com)
Keberadaan Bunga Edelweis hampir punah, seperti dilansir dari Atjehpost.com, pendiri Mapala Umpal Universitas Malikussaleh Muntazar, mengatakan jumlah bunga tersebut hanya tinggal beberapa batang saja. Kondisi ini terjadi karena kebakaran dan ulah pendaki yang mencabut bunga tersebut hingga populasinya di ambang kepunahan.
@Atjehpost
Pria yang juga anggota Mapala Edelweis Politeknik Negeri Lhokseumawe ini mengimbau kepada para pendaki dari semua lapisan masyarakat agar menjaga kelestarian bunga tersebut. Menurutnya di Aceh Edelweis hanya tumbuh di puncak Gunung Burni Telong saja.

Artikel Terkait